Minggu, 6 September 2009 14:15 WIB Sport,Internasional Share :

Brazil taklukan Argentina 3-1

Rosario–Luis Fabiano mencetak dua gol ketika Brazil menaklukkan rivalnya tuan rumah Argentina 3-1 pada pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia 2010, Sabtu (5/9)  waktu setempat.

Bagi Argentina kekalahan itu menyebabkan posisinya untuk lolos ke Afrika Selatan terancam karena kini mereka berada di peringkat empat, sementara tim-tim di bawahnya juga berupaya menggesernya.

Hanya empat tim teratas zona Amerika Selatan yang berhak langsung ke Afrika Selatan, sementara peringkat lima nantinya punya kesempatan menyusul melalui play-off melawan peringkat empat Zona Concacaf.

Brazil yang memimpin jauh di puncak klasemen, kini dalam posisi aman untuk ke putaran final dengan nilai 30. Juara dunia lima kali itu unggul lebih dario sembilan poin di atas peringkat lima dan enam, Kolumbia dan Ekuador, dengan tiga pertandingan sisa.

Sekitar 42.000 penonton di Stadion Rosario Central meneriakkan nama Dunga, pelatih Brazil di akhir pertandingan, sebagai ejekan atas gagalnya strategi pelatih Argenita Maradona.   Brazil membuka skor pada menit ke-24 melalui Luisao yang menanduk bola hasil umpan tendangan bebas Elano ke tiang jauh gawang Argentina yang dikawal Mariano Andujar.

Argentina mencoba mengambil inisiatif serangan dan beberapa kali menekan pertahanan Brazil.   Carlos Tevez nyaris mencetak gol setelah menerima umpan tendangan sudut kemudian melancarkan tendaNgan datar namun bola dapat dihalau kiper Brazil Julio Cesar.

Striker Argentina Lionel Messi juga beberapa kali mencoba menerobos pertahanan Brazil namun selalu gagal dalam penyelesaian akhir.Brazil menambah keunggulan pada menit ke-31 ketika kiper Andujar gagal menangkap bola silang Kaka dari sayap kiri, sehingga bola dapat dimanfaatkan oleh Luis Fabiano untuk mencetak gol.

Maradona melakukan pergantian pemain pada babak kedua dengan memasukkan striker Sergio Aguero dan menarik pemain sayap Maxi Rodriguez, namun taktik umpan-umpan pendek untuk menembus rapatnya lini belakang Brazil tidak berubah. Gol balasan Argentina tercipta pada menit ke-64 melalui tendangan jarak jauh Jesus Datolo.

Kesempatan untuk mengejar ketinggalan akhirnya kandas setelah dua menit kemudian Brazil dapat membuat gol lagi melalui Luis Fabiano yagn melakukan serangan balik.
Ant/tya

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…