Soloraya
Minggu, 6 September 2009 - 20:28 WIB

20 Tuna netra dapat bantuan Alquran huruf braille

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Sebanyak 20 set Alquran huruf Braillle senilai total Rp 30 juta bantuan dari Ummi Maqtum Voice (UMV) Bandung diserahkan oleh Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia (ITMI) Solo kepada 20 anggotanya, Minggu (6/9), di kantor sekretariat ITMI, Mangkubumen, Banjarsari.

Penasihat Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) ITMI Solo, Sarjono, ditemui di sela-sela penyerahan bantuan, kemarin, mengatakan, sebenarnya jumlah anggota ITMI saat ini mencapai 30 orang. Namun, yang benar-benar aktif hanya 20 orang.

Advertisement

“Sebenarnya kami sudah mengajukan bantuan ini ke UMV sejak Ramadan tahun lalu, tapi baru Ramadan tahun ini dikabulkan. Dengan adanya bantuan ini, besar harapan kami para penyandang tuna netra bisa membaca dan menyelesaikan pendidikan Alquran dengan lebih baik,” ujar Sarjono.

Sarjono mengatakan para anggota ITMI itu sebenarnya memiliki semangat yang tinggi untuk menyelesaikan bacaan Alquran. Namun, karena keterbatasan sarana, mereka tidak bisa setiap saat membaca Alquran. Jumlah Alquran huruf Braille yang dimiliki ITMI sebelumnya hanya ada tiga set.

“Alquran huruf Braille ini berbeda dengan Alquran pada umumnya. Di sini, satu buku hanya berisi satu juz. Jadi ada 30 buku dalam setiap set Alquran Braille dan satu set harganya Rp 1,5 juta. Tapi karena ini bantuan, Alquran ini diberikan secara gratis,” jelas Sarjono.

Advertisement

Sarjono menambahkan, agar bantuan Alquran tersebut benar-benar tepat sasaran, sebelum diserahkan para penerima bantuan dites membaca Alquran tersebut. Tes itu untuk membuktikan bahwa mereka memang bisa membaca Alquran huruf Braille sehingga pemberian bantuan itu tidak sia-sia.

 

shs

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Alquran Bantuan
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif