Sabtu, 5 September 2009 20:51 WIB Solo Share :

Pindah Sukoharjo, warga relokasi wajib bayar Rp 250 ribu

Solo (Espos)–Warga penerima hibah (WPH) program relokasi yang pindah ke sejumlah wilayah Kabupaten Sukoharjo diharuskan membayar uang pindah senilai Rp 250.000 ke wilayah setempat.

Hal itu, disepakati sebagai bentuk partisipasi warga baru kepada daerah yang akan mereka tinggali.
Informasi yang dihimpun Espos, di lokasi relokasi, Desa Tegalmade dan Jatiteken, Kecamatan Mojolaban, besar nilai “uang pindah” tersebut merupakan hasil kesepakatan antara perwakilan warga relokasi dan pengurus RT/RW atau tokoh masyarakat setempat.

Salah satu WPH yang menempati lahan di Jatiteken, Jiyatun mengatakan pihaknya telah diberitahu untuk membayar “uang pindah” senilai Rp 250.000 per keluarga.

Dia mengaku tidak keberatan membayar meski tidak memungkiri nilai uang cukup besar. Jiyatun memandang uang tersebut adalah bentuk partisipasi dirinya untuk lokasi yang akan ditempati seumur hidup.

“Memang nilainya lumayan, tapi kami tetap akan membayar. Kami ingin kepindahan kami di sini tidak menyebabkan masalah. Apalagi, ke depan, kami akan tinggal di sini selamanya. Bagaimanapun caranya, kami akan berusaha membayar,” ujar warga Rt 5/RW III Semanggi tersebut, saat berbincang di lokasi relokasi, Rabu (2/9).

Warga lain, Tentrem membenarkan adanya kesepakatan membayar uang Rp 250.000 per keluarga. Dia juga menyebut akan memenuhi pembayaran “uang pindah” tersebut demi kebaikan bersama masyarakat, baik warga relokasi maupun warga setempat.

tsa

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…