News
Sabtu, 5 September 2009 - 18:36 WIB

Penjualan tekstil naik 20 persen

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Penjualan tekstil di pasar domestik diperkirakan akan meningkat 15-20 persen selama musim lebaran ini. Saat ini jumlah produk tekstil domestik menguasai 68 persen pasar domestik.

“Biasanya peningkatannya 15-20 persen dari kondisi normal,”ujar Sekretaris Jenderal Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Ernovian G Ismy, Sabtu (5/9).

Advertisement

Erno mengakui, penjualan tekstil ke pasar domestik memang terus mengalami peningkatkan dari tahun ke tahun. Erno menyebutkan, pada tahun 2007, produk tekstil domestik hanya menguasai  di bawah 50 persen dari pasar domestik.

Pada tahun 2008, penjualan tekstil ke pasar domestik mencapai US$ 5,4 miliar, Sementara pada tahun 2007, angka penjualan ke dalam negeri sekitar US$ 5,16 miliar.

“Memang sejak akhir 2008 hingga sekarang terus meningkat. Saat ini produk tekstil domestik sudah menguasai 68 persen dari pasar domestik. Namun kami belum tahu apakah peningkatannya ini karena adanya kegiatan pemilu atau bukan,” jelasnya.

Advertisement

Sementara untuk ekspor, Erno menyatakan untuk tahun ini pihaknya menargetkan akan mengalami peningkatan 2,18 persen dari realisasi ekspor tahun lalu sebesar US$ 10.3 miliar.

“Hingga Juni 2009, nilai ekspor kita sudah mencapai US$ 4,6 miliar,” tandasnya.

dtc/fid

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Naik Penjualan Tekstil
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif