Sabtu, 5 September 2009 13:25 WIB News Share :

DPR nilai BI dan pemerintah tak transparan soal Century

Jakarta–Anggota Komisi Keuangan dan Perbankan (Komisi XI) DPR, Andi Rahmat mengaku, pihaknya tak mengetahui pengucuran dana penyelamatan Bank Century sebesar Rp 6,7 triliun.

Sebelumnya, pemerintah dan DPR sudah menyepakati pengucuran dana hanya Rp 1,3 triliun. Andi menambahkan, UU memang mengatur bahwa Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) tak harus meminta izin DPR untuk mengucurkan dana tersebut.

“DPR hanya sepakat, dana untuk menghadapi persoalan akibat krisis sebesar Rp 1,3 triliun. Setelah Januari 2009 , tidak ada laporan apa-apa, sampai menyeruak seperti sekarang,” ujar Andi, Sabtu (5/9), pada diskusi Di Balik Kucuran Dana Bank Century, di Jakarta.

Oleh karena itu, DPR menyesalkan sikap Departemen Keuangan, BI dan LPS yang tidak transparan menyampaikan hal tersebut kepada DPR.

“Kata mereka, tidak transparan agar menjaga situasi pasar dan tidak terjadi rush. Ini memang persoalan yang agak rumit,” ujarnya.

kompas/fid

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…