Jumat, 4 September 2009 20:25 WIB Solo Share :

Rp 756 juta untuk persiapan outbond Balekambang

Solo (Espos)–UPTD Kawasan Wisata dan Hotel Maliawan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Solo mendapatkan alokasi anggaran senilai Rp 756 juta dari APBD-Perubahan 2009 untuk mempersiapkan pembangunan area <I>outbond<I> di Taman Balekambang.

Total anggaran yang diperlukan untuk membangun area <I>outbond<I> itu sendiri diperkirakan mencapai Rp 3 miliar-Rp 4 miliar. Tadinya, pihak UPTD hendak mengajukan anggaran itu dalam APBD 2010. Namun, dari total pengajuan Rp 800 juta untuk persiapan pembangunan area <I>outbond<I> yang akan memanfaatkan sisa lahan seluas 3 hektare di Taman Balekambang itu dalam APBD-P 2009, disetujui senilai Rp 756 juta.

“Dana itu untuk proses persiapan pembangunan tahap awal. Selanjutnya, akan diusulkan dalam APBD 2010. Area <I>outbond<I> ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi Taman Balekambang,” ungkap Kepala Disbudpar, Purnomo Subagyo, saat ditemui wartawan di Balaikota, Selasa (1/9).

Menurut rencana, Purnomo mengatakan, area <I>outbond<I> itu tidak hanya akan menjadi sarana bermain anak-anak, melainkan juga sarana pendidikan bagi anak-anak dan orang dewasa. Akan ada berbagai fasilitas di lahan seluas 3 hektar itu. “Lha untuk masuk ke Balekambang itu kan tidak perlu membayar tiket masuk, karena peraturan daerah (Perda) tentang itu belum direvisi. Tapi untuk masuk ke area <I>outbond<I> itu nanti akan dikenakan biaya,” kata Purnomo.

Rencana pembangunan area <I>outbond<I> di Taman Balekambang sebenarnya sudah muncul sejak sekitar bulan Mei lalu. Kepala UPTD Kawasan Wisata dan Hotel Maliawan saat itu, Murdono mengatakan, anggaran untuk pembangunan area <I>outbond<I> itu, rencananya akan diajukan dalam APBD 2010. Dana yang diperlukan sekitar Rp 3 miliar. Selain arena permainan, <I>outbond<I> akan menyertakan pula wahana untuk belajar rambu-rambu lalu lintas, dan pengenalan warisan budaya, seperti pembuatan batik, keris, pengenalan kepada jenis-jenis flora dan fauna serta sejarah.

shs

lowongan pekerjaan
PT. PERINTIS KARYA SENTOSA, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…