Jumat, 4 September 2009 15:11 WIB Info Mudik,Ekonomi Share :

Jelang Lebaran, kereta barang bakal dihentikan sementara

Solo (Espos)–PT Kereta Api (KA) bakal menghentikan sementara pengoperasian semua angkutan kereta barang, kecuali kereta angkutan bahan bakar minyak (BBM), mulai 10 September hingga 2 Oktober 2009 mendatang.

Hal itu dimaksudkan agar jalur KA dapat difokuskan pada perjalanan KA angkutan penumpang selama masa Lebaran tahun ini.

Menurut keterangan Humas PT KA Daerah Operasional (Daops) VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, penghentian sementara kereta barang tersebut didasarkan pada terbitnya telegram dari Direksi PT KA per tanggal 31 Agustus 2009.

“Penghentian sementara pengopersian semua angkutan kereta barang tersebut akan dimulai 10 September sampai 2 Oktober 2009 mendatang, kecuali untuk KA Pertamina yang mengangkut BBM,” ujar Eko ketika dikonfirmasi wartawan, Jumat (4/9).

Kepala Perjalanan KA Stasiun Purwosari Solo, Jaka Mulyana menambahkan jenis angkutan kereta barang yang biasa melintas di jalur Solo antara lain angkutan semen dan pasir kwarsa.

“Jadi selama waktu yang telah ditetapkan tersebut, kedua jenis angkutan kereta barang itu nantinya tidak akan dioperasikan. Lokomotif yang biasa dioperasikan untuk mengangkut rangkaian kereta barang tersebut selama Lebaran nantinya akan dimanfaatkan secara optimal untuk menarik rangkaian kereta penumpang,” tutur Jaka.

Di sisi lain, Eko mengungkapkan mulai tanggal 21 September hingga 4 Oktober mendatang, PT KA akan melayani pembelian tiket KA kelas ekonomi tanpa ada tanda nomor tempat duduk pada tiket yang dibeli.
Ketetapan tersebut berdasarkan pada telegram EVP Daops VI YK no yn/65 tentang pelayanan KA ekonomi bebas tanda tempat duduk.

“Khusus untuk penyandang cacat, orang lanjut usia (Lansia) dan ibu-ibu yang sedang hamil, kami akan mengerahkan personel khusus yang akan membantu dan memprioritaskan mereka agar bisa memperoleh tempat duduk di kereta yang ditumpanginya,” imbuh Eko.

sry

lowongan pekerjaan
PD.BPR BANK BOYOLALI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…