News
Jumat, 4 September 2009 - 13:40 WIB

Gubernur perpanjang masa tanggap darurat bencana

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bandung–Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan, memperpanjang keadaan Siaga Bencana dan Tanggap Darurat bencana gempa bumi di provinsi itu menjadi 14 hari.

“Penanganan kedaruratan diperpanjang menjadi 14 hari, pokoknya dilakukan hingga tuntas. Koordinasi terus dilakukan secara efektif,” kata H Ahmad Heryawan di Bandung, Jumat (4/9).

Advertisement

Gubernur menyebutkan, jumlah korban jiwa akibat gempa di Jawa Barat hingga Jumat ini, mencapai 59 orang yang tersebar di Tasikmalaya, Cianjur, Bandung, Sukabumi, Ciamis, Garut, Bogor dan Sukabumi.

Pelaksanaan tanggap darurat ditargetkan tuntas pada 16 September mendatang, selanjutnya akan dilakukan proses “recovery” (pemulihan).

Advertisement

Pelaksanaan tanggap darurat ditargetkan tuntas pada 16 September mendatang, selanjutnya akan dilakukan proses “recovery” (pemulihan).

Gubernur berharap, proses kedaruratan bisa dilakukan secepatnya. Ia juga berharap proses evakuasi korban longsor di Cianjur juga bisa menemukan seluruh korban yang dikabarkan masih puluhan orang itu.

Sementara itu, proses pendataan korban masih terus dilakukan termasuk distribusi bantuan kepada para korban gempa terus dilakukan.

Advertisement

“Secara umum cukup baik, penanganan selama ini lancar dan terkoordinasi oleh Satkorlak,” kata Gubernur menegaskan.

Sementara itu terkait bantuan senilai Rp 5 miliar dari pemerintah pusat pada hari ini belum bisa dicairkan, karena harus menempuh prosedur terlebih dahulu.

Namun demikian, anggaran penanganan kedaruratan saat ini sudah dikoordinasikan dengan anggaran dari Pemprov dan kabupaten/kota masing-masing.

Advertisement

Terkait pemasangan tenda, gubernur berharap, dilakukan untuk semua keluarga di dekat rumah mereka masing-masing yang rusak dan hancur. Hal itu untuk memudahkan pendataan korban dan pemberian bantuan.

“Bagi pengungsi yang rumahnya masih layak bisa kembali ke rumah masing-masing, namun tetap waspada,” kata gubernur berharap.

Selain itu, ia juga menginstruksikan bantuan untuk kebutuhan pribadi wanita dan keperluan nutrisi anak-anak dan bayi.

Advertisement

“Semuanya sudah dikoordinasikan, supaya bantuan keperluan wanita diperhatikan pula, karena itu sangat penting,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Satkorlak PBA Jabar, Sigit Uzwal Prana menyebutkan, penanganan korban dan pengungsi telah dilakukan dengan menempatkan dapur umum dan penyaluran bantuan ke titik konsentrasi pengungsi.

“Penyaluran bantuan hingga saat ini cukup lancar, selain itu proses evakuasi korban di Cianjur masih dilakukan,” kata Sigit menambahkan.

ant/fid

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif