Jumat, 4 September 2009 15:09 WIB News Share :

Ganggu kinerja, Pemkot Surabaya blokir facebook dan YM

Surabaya–Jaringan facebook dan yahoo masenger (YM) di tiap-tiap satuan kerja pemerintah daerah (SKPD)  Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jatim diblokir karena dinilai mengganggu kinerja pegawai setempat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Surabaya, Khalid Buchori di Surabaya, Jumat (4/9), mengatakan, pemblokiran tersebut sudah dilakukan sejak sepekan ini.

“Selama jam kerja, jaringan facebook diblokir,” katanya.

Menurut dia, alasan pemblokiran tersebut karena adanya permintaan dari tiap-tiap SKPD karena jaringan internet di lingkungan Pemkot Surabaya menjadi lambat.

Apalagi, lanjut dia, sekarang ini sedang ada penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) yang juga menggunakan jaringan internet.

“Kalau internetnya lemot (lambat), maka penyusunan RAPBD terganggu,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, semua pegawai di Pemkot Surabaya diharapkan harus konsentrasi dalam menyusun RAPBD. Pasalnya selama ini dinilai kalangan pegawai yang suka facebook kinerjanya menurun.

“Apalagi sekarang lagi puncak-puncaknya aktivitas pelelangan yang juga menggunakan internet,” katanya.

Namun, kata dia, pihaknya juga akan melakukan evaluasi di tiap-tiap SKPD terhadap pemblokiran tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Surabaya, Yayuk Eko Agustin, mengatakan, pihaknya tidak bisa melihat kinerja pegawai di masing-masing SKPD terkait dengan pemblokiran facebook tersebut.

“Saya setuju aja pemblokiran itu, apalagi itu dilakukan pada jam-jam kerja agar pegawai tidak main-main,” katanya.

Ia mengaku selama ini mendapatkan laporan dari SKPD terkait dengan hal itu. Namun, pengawasan melekat (waskat) paling efektif tetap berada di masing-masing SKPD.

ant/fid

lowongan pekerjaan
PT. TUMBAKMAS NIAGASAKTI, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…