Soloraya
Jumat, 4 September 2009 - 20:31 WIB

Bantu korban gempa, Pemkab Klaten kirim obat-obatan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)–Pemkab Klaten akan mengirimkan bantuan kepada korban gempa di wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat. Bantuan yang diberikan berupa ratusan dus obat-obatan, pakaian dan kebutuhan pokok tersebut dihimpun dari 34 Puskesmas, Rumah Sakit (RS), dan elemen masyarakat yang ada di Klaten.

Bantuan tersebut Jumat (4/9) telah terkumpul, dan segera diberangkatkan ke lokasi bencana. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, dr Ronny Roekmito mengungkapkan, bantuan berupa obat-obatan utamanya terdiri dari obat anti infeksi. Bantuan tersebut merupakan wujud spontanitas, solidaritas dan kepedulian Pemkab dan masyarakat atas bencana yang juga pernah menimpa Klaten beberapa tahun lalu. Bagaimanapun juga, pemerintah daerah lain juga pernah memberikan bantuan serupa kepada Klaten saat gempa mengguncang tiga tahun lalu.

Advertisement

Jumlah bantuan yang terkumpul belum bisa dihitung, karena berbagai pihak masih memberikan bantuannya. “Bantuan dikumpulkan di aula Dinkes, sebelum dikirim,” tutur dia kepada wartawan. 

Kasi Farmasi dan Obat-obatan Dinkes Klaten, Bambang Sugiarto menguraikan, untuk tahap awal, bantuan dikirimkan ke lokasi terparah yang rusak akibat gempa. Selain bantuan tersebut, Pemkab juga telah menyiapkan tim medis yang siap berangkat sewaktu-waktu bila dibutuhkan. “Dikirim ke Tasikmalaya dan sebagian Cianjur, dan dilakukan secepatnya,” ujar dia.

Bantuan yang ada terdiri dari pakaian pantas pakai, perlengkapan sehari-hari, kebutuhan pokok hingga peralatan medis. Peralatan medis yang disalurkan diantaranya pereda rasa sakit, anti infeksi hingga infus.

Advertisement

haa

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Dana Gempa
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif