News
Kamis, 3 September 2009 - 18:34 WIB

Perkiraan susunan kabinet SBY-Boediono

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Presiden Susilo Bambang Yudhoyono baru akan dilantik sebagai Presiden yang kedua kalinya Oktober 2009 mendatang. Sebagian kalangan kini menunggu-nunggu siapa yang bakal masuk kabinet barunya itu. Sejumlah nama mulai disebut-sebut bakal calon menteri di kabinet pemerintahan baru.

Berikut ini sejumlah nama dan tokoh yang bakal masuk jajaran kabinet SBY-Boediono mendatang yang beredar di kalangan wartawan sejak satu pekan ini hingga Kamis (3/9).

Advertisement

Untuk jabatan Menteri Koordinator Polhukam, menurut isu yang beredar, bila SBY tidak mempertahankan Widodo AS. Ada dua kandidat, yaitu mantan Panglima TNI seperti Djoko Suyanto dan Endriartono Sutarto. Sementara untuk jabatan Menko lainnya sebagai berikut.

Menteri Koordinasi Perekonomian, yaitu Irman Gusman, Purnomo Yusgiantoro. Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, yaitu Agung Laksono, Suryadharma Ali dan Bachtiar Chamsyah.

Advertisement

Menteri Koordinasi Perekonomian, yaitu Irman Gusman, Purnomo Yusgiantoro. Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, yaitu Agung Laksono, Suryadharma Ali dan Bachtiar Chamsyah.

Berikutnya, Menteri Pertahanan muncu nama Theo L Sambuaga, Muladi dan Yusron Ihza Mahendra. Menteri Sekretaris Negara, yaitu Hatta Rajasa. Menteri Sekretaris Kabinet, yaitu Sudi Silalahi dan Andi Malaranggeng.

Menteri Dalam Negeri, yaitu Mardiyanto, Agus Wijoyo dan Imam Utomo. Menteri Luar Negeri, yaitu Marti Natalegawa, Dino Patty Djalal dan Makarim Wibisono.
Menteri Hukum dan HAM, yaitu Andi Matalatta, Jimly Assidique dan Denny Indrayana.

Advertisement

Menteri Pertanian, yaitu Mustafa Abubakar Jafar Hafsah. Menteri Kehutanan, yaitu Tifatul Sembiring dan MS Kaban. Menteri Perhubungan, yaitu Jusman Syafii Djamal, Sutanto dan EE Mangindaan.

Menteri Kelautan, yaitu Adhyaksa Dault, Dwi Suryo Indro Susilo, Freddy Numberi dan Laode Kamaluddin. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, yaitu Jumhur Hidayat dan Muhaimin Iskandar. Menteri Pekerjaan Umum, yaitu Joko Kirmanto dan H Hermanto Dardak.

Menteri Kesehatan, yaitu Siti Fadilah Supari dan Fahmi Idris. Menteri Pendidikan Nasional, yaitu Sofyan Djalil, Irwan Prayitno dan Fasli Djalal.
Menteri Sosial, yaitu Syamsul Mu’arif, Gunawan Sumodiningrat dan Arif Mudatsir Mandan.

Advertisement

Menteri Agama, yaitu Nasrudin Umar, Lukman Hakim Saefuddin dan Kurdi Mustofa. Menteri Pariwisata, yaitu Jero Wacik, Sinyo Sarundajang, Eros Djarot, Rita Subowo dan Sapta Nirwandar.

Menteri Komunikasi dan Informasi, yaitu Margiono, Denny JA, Ibnu Hamad. Menteri Riset dan Teknologi yaitu M Nuh, Ilham Habibie dan Heri Suhardianto. Menteri Koperasi, yaitu Agus Muharam, Sandiago Uno, Chairul Tanjung dan Marzuki Alie.

Menteri Pemberdayaan Perempuan, yaitu Mutia Hatta, Nina Akbar Tanjung dan Kartini Syahrir. Menteri PAN, yaitu Gamawan Fauzi dan Siti Nurbaya.

Advertisement

Kepala Bappenas, yaitu Mari Elka Pangestu, Chatib Basri dan Joyo Winoto.

Menteri Negara BUMN, yaitu Gita I Wiryawan dan Gatot M Suwondo. Menteri Negara Pemuda dan Olahraga, yaitu Anis Matta, Anas Urbaningrum, M Lutfi dan Tjahjo Kumolo.

Menteri PDT, yaitu Lukman Edy, Barnabas Suebu dan Harun Al Rasyid. Menteri Perumahan Rakyat, yaitu Zulkifli Hasan dan Hayono Isman. Menteri Negara Lingkungan Hidup, yaitu B Saman Achda dan Yuyun Ismawati.

dtc/fid

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif