News
Kamis, 3 September 2009 - 17:17 WIB

Pemkab akui pasokan beras pengungsi masih minim

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Garut–Jajaran Pemkab Garut mengakui masih minimnya pasokan beras bagi puluhan ribu pengungsi korban gempa bumi di seluruh wilayah Garut.

“Bantuan segera dialokasikan, jika telah tiba bantuan dari pemerintah provinsi Jawa Barat, bahkan kinipun antara lain masih menunggu beras dari Dolog/Bulog,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi (Disnakersostrans) setempat Hj Elka Nurhakimah di Garut, Kamis.

Advertisement

Ia menyikapi mulai banyak keluhan para pengungsi, yang sebagian besar sejak pasca peristiwa gempa berkekuatan 7,3 pada Skala Richter (SR) tidur di lapangan terbuka serta mengonsumsi makanan berbuka puasa serta sahur apa adanya.

Dia mengingatkan, pengiriman 2,5 ton dari kebutuhan 5 ton beras hanya untuk tanggap darurat menghadapi kebutuhan buka puasa hari ini serta makan sahur Jumat dini hari besok, yang juga disertai lauk-pauk serta tenda dan peralatan lainnya.

Sementara itu camat Cisompet E. Haerudin mengemukakan, di wilayahnya terdapat 515 kepala keluarga (KK) atau sekitar 2.575 pengungsi.

Advertisement

Hari ini mendapatkan bantuan 240 kg beras bersama lauk-pauk termasuk minyak goreng serta 10 tenda, namun bahan makanan tersebut hanya cukup untuk berbuka puasa dan makan sahur.

Sebanyak 515 rumah mereka mengalami rusak berat, yang tak bisa dihuni lagi juga warga setempat masih tercekam ketakutan terjadinya gempa susulan.

Sedangkan di kecamatan Cikelet terdapat 5.100 KK atau sekitar 25.500 pengungsi, yang tersebar pada tiga lokasi, sejak kemarin mendirikan dapur umum namun kesulitan dana untuk mendapatkan bahan bakar minyak tanah, ungkap camatnya, Rifan MSi.

Advertisement

Kemudian camat Pameungpeuk Jujun Jumhana melaporkan, sekitar 525 KK atau 1.125 pengungsi sangat mengharapkan bantuan MCK serta penambahan sarana air bersih.

Camat Cibalong, Dik Dik AR mengemukakan, 6.206 KK atau sekitar 18.618 pengungsi semalam tidur pada areal terbuka perkebunan di Miramare, dalam kondisi gelap gulita akibat terjadinya pemadaman listrik, padahal mereka banyak membawa bayi serta anak balita.

Mereka pemilik 1.355 rumah yang mengalami rusak berat dan tidak bisa digunakan lagi, juga pemilik 44 rumah yang hancur rata dengan tanah, sehingga diharapkan datangnya bantuan tenda serta bahan makanan bisa dijadikan solusi tanggap darurat untuk hari ini, katanya menambahkan      

Ant/tya

Advertisement
Kata Kunci : Gempa Korban
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif