News
Kamis, 3 September 2009 - 16:08 WIB

Korban gempa mengeluh pusing dan mual

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Cilacap–Para korban gempa bumi di Desa Bojongsari, Kecamatan Kedungreja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mulai mengeluh pusing dan mual-mual.

“Sejak Rabu malam (2/9) hingga saat ini sudah ada 115 warga yang memeriksakan kesehatan dan semuanya mengeluh pusing serta mual,” kata petugas posko kesehatan di Desa Bonjongsari, Tri Yunani, di Cilacap, Kamis.

Advertisement

Ia menjelaskan, warga yang mengeluh pusing dan mual telah diberi obat antibiotik dan vitamin. Seorang warga yang memeriksakan kesehatannya, Samiun, mengaku, pusing dan mual mulai sejak Rabu (2/9) malam.

“Namun saya baru memeriksakan diri siang (3/9) ini,” katanya.

Kecamatan Kedungreja merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Cilacap yang mengalami kerusakan terbanyak akibat gempa berkekuatan 7,3 skala Richter yang berpusat di 142 kilometer barat daya Tasikmalaya, Jawa Barat, pada Rabu (2/9), pukul 14:55 WIB itu.

Advertisement

Data sementara yang dihimpun di Kecamatan Kedungreja, terdapat 128 rumah roboh dan 273 rumah rusak ringan.

Berbagai bentuk bantuan kemanusian untuk para korban gempa di Kabupaten Cilacap mulai berdatangan ke lokasi bencana.

Kepala Pelaksana Harian (Lakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Kabupaten Cilacap, Dangir Mulyadi, mengatakan, bantuan tersebut antara lain berupa sembako (mi instan, beras, minyak goreng, kecap, dan saos), obat-obatan, dan selimut.

Advertisement

“Nantinya juga akan ada bantuan untuk pembangunan rumah, tetapi besarannya masih dibicarakan,” katanya.

Ia mengatakan, nilai kerugian yang diderita warga akibat bencana itu diperkirakan mencapai Rp 21 miliar.Jumlah kerugian tersebut, katanya, kemungkinan masih berubah karena hingga saat ini, petugas masih melakukan pendataan terhadap para korban.
Ant/tya

Advertisement
Kata Kunci : Gempa Korban
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif