Kamis, 3 September 2009 14:48 WIB News Share :

Bank Indonesia Palangkaraya bagikan 4.600 masker

Palangkaraya–Jajaran Kantor Bank Indonesia Palangkaraya, Kalimantan Tengah, menggelar aksi pembagian 4.600 masker gratis sebagai bentuk kepedulian mengingat kabut asap yang terus menyelimuti kota itu.

“Kami juga ingin mengambil bagian untuk turut peduli dengan masyarakat khususnya terkait musibah kebakaran lahan yang terjadi,” kata Pemimpin Bank Indonesia Palangkaraya, Amanlison Sembiring, di Palangkaraya, Kamis.

Pembagian masker gratis dilakukan tepat di depan Kantor Bank Indonesia Palangkaraya di Jalan Diponegoro oleh belasan pegawai bank tersebut kepada para pengguna jalan yang melintas.

Sebanyak 4.600 masker tersebut, katanya, murni dibeli sendiri oleh Bank Indonesia Palangkaraya. Pembagian ini juga rencananya akan dilanjutkan pada hari-hari selanjutnya menyesuaikan kondisi kabut asap yang terjadi.

Amanlison mengatakan, pembagian masker tersebut merupakan salah satu upaya pihaknya dalam mendukung kesehatan warga di kota itu agar tidak terserang penyakit infeksi saluran pernafasan atas (ISPA).

Ia berharap, masyarakat mulai memperhatikan dampak kabut asap bagi kesehatan karena saat ini sebagian besar masyarakat cenderung enggan memakai masker dengan alasan kabut asap merupakan hal yang biasa di wilayah itu.

“Saya kira sudah saatnya masyarakat peduli kesehatan dengan memakai masker guna meminimalisasi akibat asap yang ada di udara, karena saya lihat banyak yang belum gunakan masker,” jelasnya.

Pembagian masker itu juga sebagai bentuk keprihatinan bersama terhadap pembakaran lahan yang sporadis dilakukan sejumlah oknum tak bertanggung jawab, katanya.

Amanlison berharap agar perilaku pembakaran lahan yang saat ini marak terjadi diperangi bersama karena dampak yang ditimbulkan sudah sangat menggangu berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat.

“Pada dasarnya, kami juga menginginkan kesadaran warga agar tidak melakukan pembakaran sehingga Kota Palangkaraya khususnya dan Kalimantan Tengah pada umumnya dapat terbebas dari asap,” tegasnya.

Sementara itu, pemantauan kabut asap di Kota Palangkaraya pada Kamis (3/9) ini mulai menjelang siang hari menipis.

Meski di beberapa tempat masih menghalangi jarak pandang dalam beberapa kilometer. Kota Palangkaraya sendiri kemarin sempar diguyur hujan lokal dengan intensitas ringan yang meredakan sejumlah titik api kebakaran lahan di pinggiran kota itu, meski sejumlah kawasan lain masih terbakar.
Ant/tya

lowongan kerja
lowongan kerja Homeschooling Kak Seto Solo, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Bung Karno, Lenso, Cha Cha Cakrabirawa

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Jumat (2/6/2017). Esai ini karya Albertus Rusputranto P.A., pengajar di Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah titusclurut@yahoo.co.uk Solopos.com, SOLO — Cakrabirawa adalah nama kesatuan pasukan penjaga Istana…