Kamis, 3 September 2009 18:27 WIB News Share :

2 Kg daging sapi glonggongan disita

Salatiga (Espos)--Sebanyak 72 kilogram (Kg) daging sapi glonggongan dan 55 Kg daging ayam afkiran dengan kondisi mulai membusuk disita tim gabungan Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga dalam razia di Pasar Raya I di wilayah setempat, Kamis (3/9) pagi.

Tim gabungan yang terdiri atas 20-an petugas dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Perikanan, dan Peternakan serta Kantor Satuan Polisi Pamong Praja dilaksanakan mulai pukul 03.00 WIB dan berlangsung sekitar tiga jam sampai pukul 06.00 WIB. Tim tersebut dibagi ke dalam empat kelompok, dengan masing-masing kelompok beranggotakan sebanyak lima orang.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Perikanan, dan Peternakan Kota Salatiga, Ir Husnani, dalam penjelasannya kepada wartawan menyebutkan daging glonggongan dan apkiran itu disita dari empat orang pedagang.

Selain menyita barang dagangan mereka, ujarnya, para penjual daging tidak layak konsumsi itu juga diberi pembinaan agar tak mengulangi perbuatannya.

“Semua dagingnya sudah kami sita dan langsung dimusnahkan dengan cara dibakar. Tetapi untuk pelaku yang berjumlah empat orang, sejauh ini belum ada sanksi bagi mereka dan hanya sebatas pembinaan,” ujarnya ditemui diruang kerjanya, kemarin. Guna mengantisipasi peredaran daging-daging tidak sehat lainnya, Kepala Dinas mengemukakan akan melakukan razia secara rutin.

Terkait asal daging sapi glonggongan itu, Husnani yang didampingi Kepala Bidang (Kabid) Peternakan, drh Winarni Widiati menyatakan didatangkan dari wilayah Kecamatan Ampel, Boyolali.

Daging-daging tersebut diketahui dijual dengan harga Rp 55.000/Kg atau terpaut Rp 5.000/Kg, dibandingkan daging berkualitas baik yang dijual Rp 60.000/Kg.

try

lowongan pekerjaan
PT. JATIM BROMO STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…