News
Rabu, 2 September 2009 - 13:22 WIB

Jateng dan DIY berpeluang hujan ringan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Cilacap–Stasiun Meteorologi Cilacap memprakirakan hujan lokal dengan intensitas ringan berpeluang terjadi di Jawa Tengah bagian selatan dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis (3/9).

“Secara umum cuaca di wilayah Jateng dan DIY pada Kamis (3/9) diprakirakan berawan sebagian hingga berawan dan berpeluang terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan terutama di wilayah selatan antara malam hingga pagi hari,” kata Prakirawan Stasiun Meterologi Cilacap, Teguh Wardoyo di Cilacap, Rabu (2/9).

Advertisement

Kendati demikian, kata dia, hal tersebut belum berarti wilayah Jateng dan DIY telah memasuki musim hujan.

Menurut dia, hujan tersebut hanya bersifat lokal dan tidak merata yang terjadi akibat pengaruh pemanasan lokal.

“Saat ini memang sedang masa transisi dari musim kemarau menuju musim hujan sehingga hujannya pun masih bersifat lokal,” katanya.

Advertisement

Mengenai angin di wilayah Jateng dan DIY, dia mengatakan, umumnya bertiup dari arah timur hingga barat dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.

Menurut dia, suhu udara di wilayah Jateng dan DIY diprakirakan berkisar antara 20-30 derajat Celcius dengan kelembaban udara 60-92 persen.

Disinggung mengenai prakiraan cuaca di wilayah maritim, dia mengatakan, perairan selatan Jateng dan DIY umumnya berawan sebagian hingga berawan.

Advertisement

Menurut dia, angin bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar antara 23-55 km/jam.

“Tinggi gelombang perairan selatan Jateng dan DIY berkisar antara 0,9-3,5 meter dengan ketinggian gelombang laut maksimum mencapai 3,0-3,5 meter. Kondisi ini berbahaya bagi semua jenis kapal,” katanya.

ant/fid

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif