Rabu, 2 September 2009 13:22 WIB News Share :

Jateng dan DIY berpeluang hujan ringan

Cilacap–Stasiun Meteorologi Cilacap memprakirakan hujan lokal dengan intensitas ringan berpeluang terjadi di Jawa Tengah bagian selatan dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Kamis (3/9).

“Secara umum cuaca di wilayah Jateng dan DIY pada Kamis (3/9) diprakirakan berawan sebagian hingga berawan dan berpeluang terjadi hujan lokal dengan intensitas ringan terutama di wilayah selatan antara malam hingga pagi hari,” kata Prakirawan Stasiun Meterologi Cilacap, Teguh Wardoyo di Cilacap, Rabu (2/9).

Kendati demikian, kata dia, hal tersebut belum berarti wilayah Jateng dan DIY telah memasuki musim hujan.

Menurut dia, hujan tersebut hanya bersifat lokal dan tidak merata yang terjadi akibat pengaruh pemanasan lokal.

“Saat ini memang sedang masa transisi dari musim kemarau menuju musim hujan sehingga hujannya pun masih bersifat lokal,” katanya.

Mengenai angin di wilayah Jateng dan DIY, dia mengatakan, umumnya bertiup dari arah timur hingga barat dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.

Menurut dia, suhu udara di wilayah Jateng dan DIY diprakirakan berkisar antara 20-30 derajat Celcius dengan kelembaban udara 60-92 persen.

Disinggung mengenai prakiraan cuaca di wilayah maritim, dia mengatakan, perairan selatan Jateng dan DIY umumnya berawan sebagian hingga berawan.

Menurut dia, angin bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar antara 23-55 km/jam.

“Tinggi gelombang perairan selatan Jateng dan DIY berkisar antara 0,9-3,5 meter dengan ketinggian gelombang laut maksimum mencapai 3,0-3,5 meter. Kondisi ini berbahaya bagi semua jenis kapal,” katanya.

ant/fid

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…