Rabu, 2 September 2009 14:10 WIB News Share :

Januari-Agustus, 92 Orang tewas akibat kelaparan di Papua

Yahukimo–Bencana kelaparan melanda Kabupaten Yahukimo, Papua, Sejak Januari hingga Agustus, sebanyak 92 orang dikabarkan tewas karena kurang mendapat asupan makanan dan gizi.

“92 orang meninggal di Distrik Langda, Bomela, Seradala, dan Suntamon akibat kelaparan selama 8 bulan,” kata Koordinator Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana 51 Distrik Kabupaten Yahukimo, Yuliat Iksomon, Rabu (2/9).

Penyebab kelaparan, tambah Yuliat, adalah persoalan cuaca, curah hujan dan kabut yang cukup lama. “Akibatnya sejumlah tanaman yang jadi sumber makanan warga tidak bisa tumbuh,” tambah dia.

Selain kekurangan makanan, warga juga terjangkit sejumlah penyakit seperti diare, malaria, dan sesak nafas.

Bencana kelaparan pernah terjadi di Yahukimo Pada tahun 2005. Saat itu 55 orang dikabarkan tewas.

Saat itu, Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari menyatakan kelaparan bukan penyebab utama kematian 55 warga Yahukimo, namun juga Malaria.

vivanews/fid

lowongan pekerjaan
Hotel Margangsa, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…