Selasa, 1 September 2009 12:40 WIB Ekonomi Share :

Pemerintah terbitkan materai desain 2009

Jakarta–Pemerintah menerbitkan materai tempel desain baru tahun 2009 sebagai alat pelunasan bea materai yang berlaku di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia.

Pengumumam Ditjen Pajak tentang Penerbitan Materi Tempel Desain Tahun 2009 yang diterima di Jakarta, Selasa (1/9), menyebutkan, penerbitan materai tempel dengan desain baru diatur berdasar Peraturan Menteri Keuangan Nomor Nomor 55/PMK.03/2009 tentang Bentuk, Ukuran, dan Warna Benda Materai.

Sama dengan desain sebelumnya, terdapat dua pecahan nominal materai tempel yaitu nominal Rp 6.000 dan Rp 3.000.

Keduanya berukuran 32mm x 24 mm namun untuk yang Rp 6.000 memiliki warna dasar biru dan hijau dengan warna utama violet. Sementara untuk nominal Rp 3.000 memiliki warna dasar kuning dan hijau dengan warna utama merah.

Pada materai Rp 6.000 terdapat teks DJP (Ditjen Pajak) di dalam blok yang akan berubah warna dari merah muda ke hijau jika digerak-gerakkan (colour shifting) dan mengandung tinta taggant yang akan terdeteksi dengan alat khusus (berbunyi).

Demikian juga di materai Rp 3.000 terdapat teks DJP dalam blok yang akan berubah warna dari merah ke biru bila digerak-gerakkan, dan mengandung tinta taggant yang akan terdeteksi dengan alat khusus (berbunyi).

Pengumuman Ditjen Pajak itu juga menyebutkan bahwa kertas materai (kertas segel) desain tahun 2002 dan materai tempel desain tahun 2005 (desain lama) masih dapat dipergunakan sampai dengan tanggal 31 Maret 2010.

ant/fid

lowongan kerja
lowongan kerja PT Mandala Multifinance, Tbk, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Bung Karno, Lenso, Cha Cha Cakrabirawa

Gagasan ini dimuat Solopos edisi Jumat (2/6/2017). Esai ini karya Albertus Rusputranto P.A., pengajar di Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah titusclurut@yahoo.co.uk Solopos.com, SOLO — Cakrabirawa adalah nama kesatuan pasukan penjaga Istana…