News
Selasa, 1 September 2009 - 14:46 WIB

Menkeu persilakan KPK dan BPK periksa Century

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mempersilahkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengaudit pengambilalihan Bank Century. Itu untuk mengetahui apakah proses pengambilan keputusan sudah benar atau tidak.

“Kalau mau diaudit BPK silahkan diaudit supaya kita lihat semuanya sesuai dengan governance benar atau tidak,” katanya di Jakarta, Selasa (1/9).

Advertisement

Menurut dia, BPK telah melakukan audit pendahuluan, dan bisa berlanjut ke audit investigasi. Jika KPK mendengar sesuatu yang dianggap fraud atau kriminal, maka ada baiknya bisa dilihat semua aspek secara matang.

“Baiknya kita lihat saja, pemerintah berkeinginan baik untuk membuat persoalan ini menjadi clear, akuntabel, kepatuhan terhadap UU, kepatuhan terhadap prosedur dilakukan scara baik,” katanya.

Pemerintah juga berkepentingan untuk menjaga proses pengambilan keputusan menjadi akuntabel, agar kekisruhan tidak terus timbul. Hal ini dikhawatirkan akan menimbulkan ekses yang tidak baik terhadap Bank Century yang saat ini diurus LPS.

Advertisement

“Kita tidak ingin apa yang dilakukan untuk perbaiki kinerjanya menjadi sia-sia,” ujarnya.

Hal itu juga untuk menjaga kondisi seluruh industri bank, jika hal ini terus dimunculkan. Audit itu untuk mencari tahu apakah ada kesalahan atau tidak.

“Kita tunggu saja BPK, KPK, Kapolri melakukan berbagai investigasi penyelewengan terhadap pengelola Century sebelumnya,” ujarnya.

Advertisement

Sementara ketika ditanya mengenai pengawasan yang dirasakan ada banyak kekurangan, menurut Menkeu hal itu lebih bersifat pada pengawasnya, bukan institusi BI.

“Atau memang dirasakan pengawasan dari perbankan masih perlu diperbaiki, ada kekurangan, ada hal-hal sifatnya pada pengawasnya bukan institusi BI-nya,” ujarnya.

vivanews/fid

Advertisement
Kata Kunci : BPK Century KPK Menkeu
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif