News
Selasa, 1 September 2009 - 17:11 WIB

BPS: Impor gula bukan solusi

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan mengatakan, solusi untuk meredam peningkatan harga gula saat ini adalah dengan mengamankan jalur distibusinya bukan dengan mengimpor gula.

“Saat ini harga gula di luar negeri lebih mahal, kalau membuka kran impor ya sama saja, tetap akan naik, kecuali disubsidi,” katanya di Jakarta, Selasa.

Advertisement

Ia mengatakan, saat ini pasokan (penawaran) gula mencukupi untuk kebutuhan nasional. Namun yang menjadi masalah adalah pada jalur distribusinya.

Menurut dia, saat ini banyak para pengusaha yang menimbun gula agar tidak beredar di masyarakat untuk sementara waktu, karena berharap harga gula akan meningkat seiring dengan penguatan harga di pasar internasional.

“Jadi mereka memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan. Dengan ekspektasi peningkatan harga gula di pasar internasional, tentunya juga akan meningkat di pasar domestik,” katanya.

Advertisement

Untuk itu, menurut dia, sedianya pemerintah harus mengamankan jalur distribusi gula sehingga harga tetap terkendali. Ia menambahkan, peningkatan harga gula saat ini tidak begitu mengkhawatirkan untuk tingkat inflasi secara keseluruhan.

“Sebab peningkatan harga gula kan tidak serta merta menaikan harga barang lainnya. Misalnya sandang yang kita perkirakan malah turun karena ada discount dan sebagainya,” katanya.

Sementara itu, peningkatan harga gula pada bulan Agustus ini telah menyumbang inflasi sebesar 0,05 persen dari total inflasi bulan Agustus yang mencapai 0,56 persen.
Ant/tya

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Gula Impor
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif