Selasa, 1 September 2009 20:46 WIB News Share :

BPOM
Hati-hati gunakan produk dalam parsel

Jakarta–Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Husniah Rubiana Thamrin Akib meminta masyarakat berhati-hati dalam membeli dan menggunakan produk pangan yang dikemas dalam bentuk bingkisan atau parsel agar terhindar dari produk pangan substandar yang dapat mengganggu kesehatan.

“Karena mungkin ada yang sudah kadaluwarsa, rusak, mengandung bahan berbahaya, bahkan mengandung alkohol atau babi,” katanya saat menghadiri acara buka bersama di kediaman Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari di Jakarta Selatan, Selasa malam.

Masyarakat yang hendak membeli atau mengonsumsi produk pangan dalam parsel, dia melanjutkan, sebaiknya memeriksa izin edar produk dan tanggal kadaluwarsanya.

“Kalau sudah ada izin edar dan belum melampaui batas kadaluwarsa berarti aman dikonsumsi,” katanya serta menambahkan produk yang diberi izin edar dipastikan aman dikonsumsi.

Ia menjelaskan pula bahwa untuk mengamankan masyarakat dari produk-produk pangan substandar di pasaran selama Ramadhan BPOM secara berkala melakukan razia. Menurut dia, razia produk pangan substandar, termasuk yang sudah melampaui batas tanggal kadaluwarsa, dilakukan di pusat perbelanjaan dan toko ritel sejak tanggal 10 Agustus hingga akhir Ramadan.

“Produk pangan substandar masih ditemukan, kebanyakan produk yang melampaui batas kadaluwarsa, tapi ada juga yang mengandung babi atau alkohol,” katanya.

Ia menjelaskan, penjualan produk pangan substandar melanggar ketentuan dalam undang-undang pangan dan undang-undang perlindungan konsumen.

“Karena itu, produsen yang kedapatan menjual produk pangan substandar akan diproses secara hukum,” demikian Husniah Rubiana Thamrin Akib.
Ant/tya

lowongan pekerjaan
PKG 39, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Ada Kabar Hoaks Apa Hari Ini?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (04/01/2018). Esai ini karya Yessita Dewi, penulis cerita pendek dan aktif di Buletin Sastra Pawon. Alamat e-mail penulis adalah yessitadewi@gmail.com. Solopos.com, SOLO—Tung! Tung! Tung! Notifikasi telepon pintar saya berbunyi. Fungsinya sama dengan kentungan,…