Selasa, 1 September 2009 16:56 WIB Solo Share :

49 Naskah Radya Pustaka ditemukan rusak

Solo (Espos)–Sebanyak 49 naskah koleksi Museum Radya Pustaka Solo ditemukan dalam kondisi sudah rusak. Komite Museum Radya Pustaka akan terus melakukan inventarisasi koleksi museum yang selama ini sudah terdaftar dalam daftar katalog namun tak ada barangnya.

Ketua Komite Radya Pustaka, Winarso Kalinggo menjelaskan, 49 naskah yang ditemukan rusak tersebut diprediksi berusia di atas 130 tahun. Keberadaan naskah tersebut selama ini ditemukan teronggok di dalam gudang Museum Radya Pustaka tanpa perawatan.
“Kami lantas melakukan inventarisasi koleksi naskah. Hasilnya sebanyak 49 naskah sudah dalam kondisi rusak karena temakan ngengat dan pengaruh kondisi cuaca yang lembab,” paparnya ketika ditemui Espos di ruang kerjanya, Sabtu (29/8).

Selain itu, pihaknya juga menemukan sebanyak 31 naskah kuno dalam kondisi baik. Selain masih baik bahan kertasnya, tulisan naskah tersebut juga masih terbaca dengan jelas. Terkait itulah, kata Winarso, saat ini pihaknya tengah melakukan penyalinan besar-besaran atas sejumlah naskah yang terancam rusak karena usia.

“Penyalinan naskah juga melibatkan para mahasiswa dari sastra Jawa. Karena, tugas mereka ialah melakukan translate naskah dari Jawa ke huruf latin atau dari aksara Jawa ke aksara Jawa agar punya salinan,” terangnya.

asa

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…