Soloraya
Selasa, 1 September 2009 - 16:56 WIB

49 Naskah Radya Pustaka ditemukan rusak

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Sebanyak 49 naskah koleksi Museum Radya Pustaka Solo ditemukan dalam kondisi sudah rusak. Komite Museum Radya Pustaka akan terus melakukan inventarisasi koleksi museum yang selama ini sudah terdaftar dalam daftar katalog namun tak ada barangnya.

Ketua Komite Radya Pustaka, Winarso Kalinggo menjelaskan, 49 naskah yang ditemukan rusak tersebut diprediksi berusia di atas 130 tahun. Keberadaan naskah tersebut selama ini ditemukan teronggok di dalam gudang Museum Radya Pustaka tanpa perawatan.
“Kami lantas melakukan inventarisasi koleksi naskah. Hasilnya sebanyak 49 naskah sudah dalam kondisi rusak karena temakan ngengat dan pengaruh kondisi cuaca yang lembab,” paparnya ketika ditemui Espos di ruang kerjanya, Sabtu (29/8).

Advertisement

Selain itu, pihaknya juga menemukan sebanyak 31 naskah kuno dalam kondisi baik. Selain masih baik bahan kertasnya, tulisan naskah tersebut juga masih terbaca dengan jelas. Terkait itulah, kata Winarso, saat ini pihaknya tengah melakukan penyalinan besar-besaran atas sejumlah naskah yang terancam rusak karena usia.

“Penyalinan naskah juga melibatkan para mahasiswa dari sastra Jawa. Karena, tugas mereka ialah melakukan translate naskah dari Jawa ke huruf latin atau dari aksara Jawa ke aksara Jawa agar punya salinan,” terangnya.

asa

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Naskah Radya Pustaka Rusak
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif