Sabtu, 29 Agustus 2009 20:38 WIB Internasional Share :

Wartawan pelempar sepatu ke Bush segera bebas

Baghdad–Wartawan Irak yang dipenjara setelah melemparkan sepatunya ke mantan Presiden George W. Bush akan dibebaskan bulan depan setelah hukumannya dikurangi karena berperilaku baik, kata pengacaranya hari Sabtu.

Tindakan Muntadhar al-Zeidi saat kunjungan terakhir Bush ke Irak sebagai presiden mengubah wartawan berusia 30 tahun itu menjadi pahlawan rakyat di seluruh dunia Arab di tengah kemarahan atas invasi tahun 2003.

Dia telah ditahan sejak kejadian 14 Desember itu, yaitu saat Bush melakukan konferensi pers bersama Perdana Menteri Nouri al-Maliki.

Mula-mula ia dihukum tiga tahun setelah mengaku tidak bersalah atas penyerangan pemimpin asing, kemudian pengadilan menguranginya menjadi satu tahun karena wartawan itu tidak memiliki riwayat kriminal sebelumnya.

Pembelanya Karim al-Shujairi mengatakan al-Zeidi akan dibebaskan pada 14 September, tiga bulan lebih awal.

“Kami telah diberitahu secara resmi tentang keputusan pengadilan,” kata al-Shujairi kepada The Associated Press dalam sebuah wawancara telepon.
“Pembebasannya akan menjadi kemenangan bagi kebebasan dan kehormatan media Irak.”

Juru bicara pengadilan Abdul-Sattar Bayrkdar mengatakan ia tidak memiliki informasi mengenai pembebasan itu karena saat ini adalah akhir pekan.

tempointeraaktif/fid

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…