Sabtu, 29 Agustus 2009 19:54 WIB News Share :

SBY panggil calon menteri setelah 1 Oktober

Jakarta–Presiden terpilih 2009-2014 Susilo Bambang Yudhoyono akan memanggil calon-calon menteri yang dianggap layak mengisi kabinet periode lima tahun mendatang setelah 1 Oktober 2009.

Dalam sambutannya pada acara buka puasa bersama di rumah Ketua DPR Agung Laksono, Jakarta, Sabtu (29/8), Yudhoyono mengatakan, saat ini bersama dengan Wakil Presiden terpilih, Boediono, ia masih menyusun langkah dan strategi pemerintahan untuk lima tahun mendatang, termasuk merancang program prioritas seratus hari pertama.

“Itu harus rampung sebelum 1 Oktober 2009. Dan baru setelah itu memanggil putra-putri bangsa terbaik untuk memperkuat pemerintahan mendatang. Tahapannya seperti itu,” ujarnya.

Yudhoyono yang menghadiri acara buka puasa bersama dengan Pimpinan DPR dalam kapasitas sebagai presiden itu mengatakan, selama ini ia telah mencermati nama-nama beredar di media massa yang dinilai layak mengisi kabinet pemerintahan mendatang.

“Calon-calon diunggulkan semuanya bagus-bagus. Kalau saya jumlah lebih dari seratus,” ujarnya.

Menurut dia, cukup sulit memilih beberapa puluh nama terbaik dari 100 orang yang diunggulkan tersebut.

Bersamaan dengan pekerjaan menyusun rencana aksi pemerintahan mendatang, Yudhoyono mengatakan, ia juga meninjau kembali struktur kabinet yang ada sekarang guna melihat efektivitasnya.

“Saya melihat ada kewenangan presiden sesuai UU untuk menyusun kabinet yang efektif. Oleh karena itu saya memastikan kementerian departemen itu memiliki fungsi yang tajam dan efektif,” ujarnya.

Yudhoyono menginginkan agar di masa depan tidak ada satu masalah pun yang tidak bisa ditangani oleh departemen mana pun. Sebaliknya, ia juga ingin agar satu masalah jangan sampai ditangani secara beramai-ramai oleh beberapa departemen.

Selain merencanakan pemerintahan untuk lima tahun ke depan, Yudhoyono mengatakan sebagai kepala negara ia juga masih fokus menyelesaikan pemerintahan periode sekarang hingga 20 Oktober 2009.

ant/fid

lowongan pekerjaan
PT. BPR Bina Langgeng Mulia, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….