News
Sabtu, 29 Agustus 2009 - 13:46 WIB

Menhub resmikan KA Arek Surokerto

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Mojokerto–Menteri Perhubungan (Menhub) Jusman Syafii Jamal, Sabtu (29/8), meresmikan pengoperasian Kereta Api Angkutan Rakyat Ekonomi Kecil Surabaya-Mojokerto (KA Arek Surokerto).

“Pengoperasian kereta api jalur pendek ini menjadi bagian dari revitalisasi perkeretaapian di Indonesia seperti yang dicanangkan oleh Presiden SBY,” katanya saat memberikan sambutan pada peresmian KA Arek Surokerto di Mojokerto, Jawa Timur.

Advertisement

Ia mengemukakan, untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan kereta api yang ada di Indonesia salah satunya dengan cara meningkatkan jumlah kereta api jalur pendek yang melewati dua sampai tiga kabupaten/kota.

“Dengan adanya KA jarak pendek seperti ini, maka akan mengurangi beban KA yang memiliki rute jalur panjang,” katanya.

Ia berharap dengan adanya model pengoperasian kereta jalur pendek bisa mengurangi keruwetan angkutan darat di Indonesia.

Advertisement

“Harapan kami, kemacetan dan juga arus lalu lintas yang ada di darat bisa dikurangi,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim, Syaifullah Yusuf yang turut mendampingi dalam peresmian tersebut mengatakan, keberadaan KA Arek Surokerto ini akan berdampak pada peningkatan perekonomian di Jawa Timur terutama di Kabupaten yang dilewati.

“Dalam kaitan dengan adanya KA Arek Surokerto ini pemerintah provinsi dan pemerintah daerah yang terkait telah mengalokasikan anggaran untuk meningkatkan sarana dan prasarana penunjang, seperti jalan akses dan lainnya,” katanya.

Advertisement

Sesuai dengan jadwal, kereta yang memiliki tarif Rp 3.000 ini akan berangkat empat kali dalam sehari.

“Hanya untuk tiga hari pertama setelah diresmikan, kereta ini gratis untuk umum dan tarif baru tersebut akan diberlakukan pada 1 September mendatang,” katanya.

Hadir pada kesempatan tersebut Walikota Mojokerto Abdul Gani Suhartono, Bupati Mojokerto Suwandi, Dirjen Perhubungan Darat Sunaryo, Dirjen Perkeretaapian Tanjung Indrawan.

ant/fid

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif