News
Sabtu, 29 Agustus 2009 - 18:50 WIB

Menhub: 212 KA siap operasi untuk Lebaran

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Mojokerto–Menteri Perhubungan Djusman Syafei Djamal mengatakan, pemerintah siap menyediakan angkutan kereta api dan saat ini telah tersedia sebanyak 212 kereta api siap operasi (SO) untuk lebaran tahun ini dengan kapasitas 3,6 juta penumpang.

“Menjelang lebaran tahun ini, pemerintah juga telah menyediakan KA tambahan sebanyak 32 kereta ekonomi (K3) dan tiga kereta makan pembangkit,” kata Menteri Perhubungan, Jusman Syafei Djamal seusai meresmikan peluncuran kereta komuter Arek Surokerto Lintas Surabaya-Mojokerto, Sabtu (29/8), di Mojokerto.

Advertisement

Seusai peresmian dalam perjalananya dari Mojokerto ke Surabaya, ia mengatakan, pemerintah juga telah mempersiapkan dan memperbaiki prasarana dan sarana seperti mengecat rel dan stasiun-stasiun guna memberikan kenyamanan bagi penumpng yang akan mudik.

Selain itu, dalam rangka memberikan keamanan dan bebasnya para calo berkeliaran di stasiun, Dirjen Perkeretaapian Tunjung Inderawan mengatakan, untuk keamanan dan kenyamanan para penumpang KA, pemerintah telah menempatkan beberapa petugas untuk memberantas calo.

Menurut dia, para pedagang asongan akan diberikan tempat yang lebih bagus, sehingga tidak menganggu para penumpang KA.

Advertisement

Dalam peresmian peluncuran pengoperasian kereta komuter Surabaya -Mojokerto Arek Surokerto, Menhub mengemukakan pengoperasian ini merupakan salah satu program pemerintah yang terus dikembangkan.

Saat ini telah dilakukan pengembangan kereta komuter di kota-kota besar di Jawa dan Sumatra, kata Menhub. Kereta komuter itu di antaranya di Surabaya-Mojokerto, Jakarta, Bekasi, Bogor dan Depok, Tangerang-Serpong dan Palembang.

ant/fid

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Lebaran Menhub Siap Operasi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif