Sabtu, 29 Agustus 2009 18:53 WIB Internasional Share :

Malaysia kerahkan pasukan di perbatasan Kalimantan

Kuala Lumpur–Lebih banyak pasukan angkatan bersenjata harus dikerahkan di perbatasan Serawak-Kalimantan dan perbatasan Sabah-Filipina-Kalimantan, kantor berita resmi Malaysia, Bernama, melaporkan, Sabtu (29/8).

Bernama yang mengutip Deputi Menteri Dalam Negeri Malaysia, Jelaing Mersat, mengungkapkan bahwa langkah pengerahan pasukan itu tujuannya untuk mencegah penyelundupan dan aktivitas kriminal lainnya.

Negara-negara bagian Sabah dan Serawak merupakan wilayah Malaysia timur, sementara Kalimantan adalah wilayah kedaulatan Indonesia.

Menteri Jelaing mengatakan Malaysia tidak memiliki cukup banyak personel untuk mengawasi perbatasan-perbatasan ini karena wilayah itu terlalu luas dan panjang.

Ada pandangan bahwa sejumlah jalan ilegal yang dapat mengakses kawasan-kawasan strategis di negara bagian Serawak, Menteri Jelaing mengatakan pihaknya telah mengusulkan agar kawasan itu ditutup saja.

“Penguatan pengawasan atas perbatasan-perbatasan di Malaysia timur itu adalah untuk menjamin stabilitas keamaman,” Menteri Jelaing berdalih.

ant/fid

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…