Jumat, 28 Agustus 2009 16:26 WIB Pendidikan Share :

Penuhi tuntutan sertifikasi, team teaching diperbolehkan

Solo (Espos)–Penggunaan sistem team teaching atau menggunakan lebih dari satu guru dalam kegiatan belajar mengajar diperbolehkan untuk menambah beban mengajar selama 24 jam/pekan dalam rangka memenuhi tuntutan mendapatkan sertifikasi.

Demikian diungkapkan, Koordinator Pengawas Sekolah Pendidikan Menengah (SMP-SMA), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Pemkot Solo, Drs Sutarman MPd saat ditemui wartawan di Kantor Disdikpora, Jumat (28/8).

Menurut Sutarman, ketentuan diperbolehkannya sistem team teaching itu tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan (Permendiknas) No 39/2009 tentang Pedoman Penghitungan Beban Kerja Guru tertanggal 30 Juli 2009.

Sutarman menjelaskan, sebelum turunnya Permendiknas itu, team teaching masih menjadi pro dan kontra.
“Sebelumnya Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) memperbolehkan sistem team teaching untuk menambah beban mengajar seorang guru, akan tetapi, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) tidak mengakuinya. Namun, dengan adanya Permendiknas itu, team teaching boleh dilaksanakan,” papar Sutarman.

m82

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Darmanto Jatman Bercerita Jawa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (15/01/2018). Esai ini karya Bandung Mawardi, seorang kritikus sastra. Alamat e-mail penulis adalah bandungmawardi@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Rumah dalam pemahaman peradaban Jawa adalah ruang hidup untuk menjadikan manusia ada dan berada. Pemahaman itu menunjukkan konstruksi…