Jumat, 28 Agustus 2009 11:42 WIB Ah Tenane Share :

Bukak dhasar

280809ahtenaneKrisis global yang melanda dunia saat ini ternyata berimbas pada Jon Koplo. Pemuda asal Jebres ini baru saja kena PHK dari sebuah perusahaan swasta. Beruntung, ia mendapatkan uang pesangon yang lumayan banyak sehingga sejak awal Agustus 2009 lalu ia bisa membuka sebuah warung kaki lima di dekat rumahnya.
Warung makan yang mengandalkan menu nasi timlo itu rencananya akan buka setiap hari dari jam 06.00 WIB pagi sampai tutup jam 21.00 WIB malam. Saat launching perdana alias bukak dhasar, Koplo belum mendapatkan pelanggan. Namun ia tetap telaten dan berniat menjaga warungnya sendirian karena memang belum ada pembantu.
Dan pagi itu, dalam rangka menunggu calon pembeli, Koplo sudah stand by duduk-duduk di warungnya sambil baca koran. Setelah jam demi jam berganti, seorang laki-laki tampak mendatangi warungnya.
Dengan penuh semangat, Koplo langsung mempersilakan pembeli pertamanya itu untuk duduk. Lalu dengan wajah berseri-seri ia segera mengambil mangkok dan terus meracik timlo. Setelah selesai, Koplo pun menyuguhkan seporsi nasi timlo tadi pada tamunya itu. Tapi ternyata…
”Eh, maaf, Mas. Saya cuma mau beli es teh diplastik saja kok,” kata laki-laki itu sambil menyerahkan uang seribu rupiah.  ”Tadi kan saya sudah bilang, es teh saja, njenengan tidak dengar karena langsung keburu meracik timlo…”
Walaupun merasa kecelik dan malu, tapi tetap saja Koplo memasang wajahnya untuk diramah-ramahkan.
”Oh, tidak apa-apa kok, Pak. Kebetulan tadi saya belum sarapan, jadi biar saya makan sendiri saja he-he-he…” ujar Koplo sekadar cari alasan, padahal sebenarnya tadi pagi ia sudah sarapan.
”Yah, itung-itung buat pengalaman pertama bukak dhasar,” batin Koplo memelas sambil mulai menyendok sesuap nasi timlo tadi daripada mubazir.
Alhasil, sampai cerita ini ditulis, warung Jon Koplo sudah mulai punya langganan dan lumayan ramai pembeli. Selamat Plo…  Kiriman Sri Suharti, Kranggansari RT 01/RW II, Karanganyar.

lowongan pekerjaan
PT. DISTRIVERSA BUANAMAS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….