Jumat, 28 Agustus 2009 11:24 WIB Internasional Share :

ABG ditemukan setelah 18 tahun dalam sebuah penculikan

San Francisco– Seorang anak perempuan California yang diculik saat berusia 11 tahun pada 1991 ditemukan dalam keadaan hidup, Kamis (27/8).

Polisi menambahkan penculiknya tampaknya merawat dua anak bersama dia dan membuat ketiganya tinggal di tenda serta gudang di belakang rumahnya.

Jaycee Dugard telah hilang sejak ia diculik di dekat rumahnya di South Lake Tahoe, di sebelah timur San Francisco, AS pada 10 Juni 1991, oleh dua orang yang mengemudikan sedan berwarna abu-abu.

“Sungguh kisah yang sangat spektakuler untuk menemukan seseorang seperti itu. Seseorang yang kami kira sudah tewas,” kata Bill Clark, wakil pemimpin kantor kejaksaan wilayah El Dorado County, satu daerah di sebelah timur Sacramento yang membentang ke dalam wilayah Sierra Nevada dan ke Saouth Lake Tahoe.

Orang yang diduga sebagai penculik Dugard, Phillip Craig Garrido (58), yang terdaftar sebagai pelanggar tindakan seksual di California yang menjalani hukuman penjara karena perkosaan dan penculikan, dan Nancy Garrido (54) dijebloskan ke dalam penjara setelah dibekuk pada Rabu, kata polisi.

Dugard berada dalam keadaan sehat, kata Wakil Sheriff El Dorado Fred Kollar, tapi “tinggal di halaman belakang selama 18 tahun belakangan pasti telah berdampak”.

“Tak satu anak pun pernah bersekolah, tak seorang pun pernah dibawa ke dokter, mereka benar-benar terkucil di tempat itu …,” kata Kollar.

Kecurigaan pertama kali muncul setelah Garrido berusaha memasuki University of California di kampus Berkeley untuk membagikan selebaran bersama dua putrinya.

Interaksinya dengan dua anak perempuan, yang berusia 11 dan 15 tahun, menimbulkan kecurigaan dan seorang personil polisi meneliti latar-belakangnya.

Hari berikutnya, selama kunjungan bersama petugas pembebasan bersyaratnya, Garrido membawa istrinya, dua anak kecil dan seorang perempuan yang dikatakan bernama Allissa –yang belakangan terbukti adalah Dugard– yang tak pernah dilihat petugas tersebut sebelumnya.

Kantor kejaksaan kabupaten tersebut menyatakan berencana mengajukan tuntutan pada Jumat.

Dugard sedang berjalan ke tempat perhentian bus di dekat rumahnya ketika sedan berwarna abu-abu tersebut berhenti di sebelahnya dan ia ditarik ke dalam kendaraan itu.

Carl Probyn, ayah tiri anak perempuan tersebut, mengatakan kepada televisi bahwa “kami berdua menangis selama 10 menit” setelah ia dan ibu Dugard diberi tahu oleh pihak berwenang bahwa Dugard telah ditemukan dalam keadaan hidup.

ant/fid

lowongan pekerjaan
EDITOR MATEMATIKA (Fulltime), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…