Soloraya
Jumat, 28 Agustus 2009 - 17:36 WIB

6 Embrio fraksi di DPRD terbentuk

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Sebanyak delapan partai politik (Parpol) memenuhi tenggat waktu yang ditentukan Pimpinan Dewan Sementara Jumat (28/8), untuk menyerahkan komposisi embrio fraksi.

Dari komposisi yang ada menghasilkan enam embrio fraksi di DPRD Solo yang bakal ditetapkan sebagai fraksi definitif pascaberlakunya UU Susduk.

Advertisement

Dari delapan Parpol tersebut, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang menyerahkan komposisi embrio fraksi paling duluan dengan komposisi yang sama. Disusul sebanyak enam Parpol lainnya yang baru menyerahkan komposisi fraksinya pada Jumat.

Ketua DPRD Sementara Solo, Honda Hendarto saat dihubungi Espos, Jumat, menyatakan, hingga Jumat pagi sudah lima embrio fraksi dari enam embrio fraksi yang sudah disampaikan ke Pimpinan Dewan Sementara, yakni dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat, gabungan Partai Golkar dan Partai Damai Sejahtera (PDS), gabungan Hanura-Gerindra dan dari Partai Amanat Nasional (PAN) Solo. Sedangkan embrio fraksi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) disampaikan belakangan.

“Dengan adanya embrio fraksi itu, kami akan segera mengadakan rapat dengan pimpinan embrio fraksi tersebut untuk mengandendakan jadwal pembahasan alat kelengkapan Dewan lainnya dan regulasinya, seperti tata tertib (Tatib). Semua nanti masih bersifat embrio, karena fraksinya juga masih embrio. Embrio alat kelengkapan Dewan yang ada baru ditetapkan setelah diberlakukannya UU Susunan dan Kedudukan (Susduk) pada awal September mendatang,” tegas Honda.

Advertisement

Menurut dia, upaya pembentukan embrio alat kelengkapan Dewan itu untuk efisiensi waktu, sembari menunggu petunjuk teknis berupa peraturan pemerintah (PP) atau Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri).

trh

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Dprd Embrio Fraksi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif