Jumat, 28 Agustus 2009 17:36 WIB Solo Share :

6 Embrio fraksi di DPRD terbentuk

Solo (Espos)–Sebanyak delapan partai politik (Parpol) memenuhi tenggat waktu yang ditentukan Pimpinan Dewan Sementara Jumat (28/8), untuk menyerahkan komposisi embrio fraksi.

Dari komposisi yang ada menghasilkan enam embrio fraksi di DPRD Solo yang bakal ditetapkan sebagai fraksi definitif pascaberlakunya UU Susduk.

Dari delapan Parpol tersebut, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang menyerahkan komposisi embrio fraksi paling duluan dengan komposisi yang sama. Disusul sebanyak enam Parpol lainnya yang baru menyerahkan komposisi fraksinya pada Jumat.

Ketua DPRD Sementara Solo, Honda Hendarto saat dihubungi Espos, Jumat, menyatakan, hingga Jumat pagi sudah lima embrio fraksi dari enam embrio fraksi yang sudah disampaikan ke Pimpinan Dewan Sementara, yakni dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat, gabungan Partai Golkar dan Partai Damai Sejahtera (PDS), gabungan Hanura-Gerindra dan dari Partai Amanat Nasional (PAN) Solo. Sedangkan embrio fraksi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) disampaikan belakangan.

“Dengan adanya embrio fraksi itu, kami akan segera mengadakan rapat dengan pimpinan embrio fraksi tersebut untuk mengandendakan jadwal pembahasan alat kelengkapan Dewan lainnya dan regulasinya, seperti tata tertib (Tatib). Semua nanti masih bersifat embrio, karena fraksinya juga masih embrio. Embrio alat kelengkapan Dewan yang ada baru ditetapkan setelah diberlakukannya UU Susunan dan Kedudukan (Susduk) pada awal September mendatang,” tegas Honda.

Menurut dia, upaya pembentukan embrio alat kelengkapan Dewan itu untuk efisiensi waktu, sembari menunggu petunjuk teknis berupa peraturan pemerintah (PP) atau Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri).

trh

lowongan pekerjaan
PT. SEJAHTERA MOTOR GEMILANG, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….