Kamis, 27 Agustus 2009 14:14 WIB Ekonomi Share :

TDL 2010 tak naik

Jakarta–Tarif dasar listrik (TDL) belum akan dinaikkan tahun depan. Wacana kenaikan TDL bahkan belum masuk dalam pembahasan penyusunan RAPBN 2010.

Dirjen Listrik dan Pemanfaatan  Energi, Departemen ESDM  J.Purwono menyatakan, sejauh ini wacana kenaikan TDL tersebut belum masuk dalam pembahasan RAPBN 2010 antara pemerintah dengan DPR baik di Komisi VII maupun Panitia Anggaran.

“Dalam penetapan subsidi listrik tahun depan, kita masih dengan asumsi tidak ada kenaikan TDL,” ungkap Purwono, Kamis (27/8)

Purwono menegaskan masalah TDL naik atau tidak tentu perlu dibahas dulu di tingkat Menko Perekonomian dan persetujuan DPR.

“Namun demikian, kita ikuti saja dinamika pembahasan RUU ini di DPR, yang sedang dalam tahap finalisasi,” tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Negara BUMN, Sofyan Djalil menilai meskipun PLN sudah mendapatkan margin usaha sebesar 8 persen tahun depan, namun TDL tetap harus dinaikkan mengingat sejak tahun 2004, PLN belum pernah menaikan TDL.

“Kenaikan tarif akan berlanjut hingga tarif listrik PLN mencapai harga keekonomian,” kata Spfyan, Rabu (26/8).

Menurut Sofyan, tujuan Pemerintah menaikkan margin usaha 8% adalah agar keuangan PLN membaik dan bisa mencari pinjaman untuk membangun pembangkit.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…