Kamis, 27 Agustus 2009 14:40 WIB Klaten Share :

Ramadan, pengunjung Umbul Ingas turun 70%

Klaten (Espos)–Jumlah pengunjung Obyek Wisata Umbul Ingas pada pekan Ramadan turun drastis. Pengelola Obyek Wisata Umbul Ingas, Darmadi mengatakan setiap Ramadan jumlah pengunjung turun 60%-70%.

Padahal,pada hari-hari biasa jumlah pengunjung sekitar 100 orang sedangkan pada Sabtu pengunjung kurang lebih 200 orang dan ketika Minggu bisa mencapai 1.000 pengunjung.

“Penurunan jumlah pengunjung saat Ramadan adalah sesuatu yang alamiah. Orang-orang lebih memilih tinggal di rumah daripada pergi-pergi. Setiap Ramadan pasti pengunjung turun dan mulai meningkat lagi menjelang Lebaran. Pengunjung yang datang hanya puluhan,” kata Darmadi saat ditemui <I>Espos<I>, Rabu (26/8).

Menurut Darmadi, jumlah pengunjung selalu mengalami pasang surut sesuai dengan waktu yang berlaku. Misalnya, ketika musim liburan sekolah dan libur hari-hari besar, jumlah pengunjung meningkat. Dia menuturkan, adapun saat-saat sepi pengunjung di antaranya ketika Ramadan dan tahun ajaran baru.

Saat ditanya soal jumlah pengunjung pada masa padusan Kamis-Jumat (20-21/8) lalu, Darmadi mengaku jumlah pengunjung sudah memenuhi target yaitu sekitar 9.000 orang. Meski demikian, dia menilai jumlah pengunjung pada masa <I>padusan<I> Ramadan tahun ini menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya.

“Ada penurunan jumlah pengunjung yang signifikan. Biasanya, kalau saat padusan jumlah pengunjung bisa mencapai 13.000 orang,” imbuh Darmadi.

Dia menyampaikan, ada beberapa penyebab penurunan tersebut. <I>Pertama<I>, hari puncak <I>padusan<I> jatuh pada Jumat. Sehingga, kata Darmadi, banyak orang yang ragu-ragu mau pergi karena sebagian menganggap Jumat waktunya pendek. <I>Kedua<I>, semakin banyaknya tempat pariwisata yang memanfaatkan potensi air untuk <I>padusan<I>. <I>Ketiga<I>, ongkos parkir di sekitar Umbul Ingas mahal.

nad

lowongan pekerjaan
PT. BPR Bina Langgeng Mulia, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….