Kamis, 27 Agustus 2009 11:23 WIB Ekonomi Share :

Depdag akan operasi pasar di 20 provinsi

Jakarta–Pemerintah melalui kerjasama antara Departemen Perdagangan (Depdag) dan Dinas Perdagangan sebanyak 20 provinsi di seluruh Indonesia mulai melakukan operasi pasar murah barang kebutuhan pokok masyarakat. Masing-masing pemerintah daerah akan menggelar pasar murah 3-5 kali selama bulan puasa ini.

Hal ini disampaikan oleh Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Depdag Subagyo disela-sela acara kunjungan sidak Mendag di Pasar Babakan Tangerang, Kamis (27/8).

“Jumlahnya sebanyak 20 provinsi, maksimai 4 titik setiap daerah, ada yang 3 sampai 5 kali. Program ini lebih pada upaya membantu masyarakat golongan bawah yang membutuhkan, bukan stabilitas harga,” terangnya.

Subagyo mengatakan, pada tahap pertama ini beberapa daerah telah melakukan program tersebut, seperti wilayah Jawa Timur dan Kalimantan. Bahkan pada tanggal 26 Agustus pemda DKI Jakarta telah melakukan program serupa.

“H-10  lebaran sudah bisa selesai. Sekarang sudah ada yang melakukan, tapi nanti  mulai serempak  pada minggu depan mulai tanggal 2 September,” ujarnya.

Ia memastikan, produk yang akan dijual dalam pasar murah ini adalah produk-produk yang memang dibutuhkan masyarakat terutama yang mengalami kenaikan. Misalnya produk gula, minyak goreng, terigu, susu, kopi, teh makanan lainnya.

“Nanti setiap pemda berbeda-beda, ada yang sistem paket, kalau gula dan minyak punya stand sendiri,” ucapnya.

Ia menjelaskan, untuk migor akan dijual Rp 7000 per liter dan gula Rp 7000 per kg, yang mana setiap daerah akan sama harganya.

“Kita koordinasi dengan mereka (pemda), mereka harus melakukan itu, kita bantu mereka,” ucapnya.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…