Kamis, 27 Agustus 2009 16:47 WIB Pendidikan Share :

155 guru peroleh bantuan studi

Solo (Espos)–Sebanyak 155 guru di Kota Solo akan mendapatkan bantuan studi lanjut ke jenjang S-1 atau D-4. Bantuan senilai Rp 2 juta per tahun itu berasal dari APBD pemerintah kota.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Pemkot Solo, Drs Rakhmat Sutomo MPd melalui Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Drs Sugiyanto MM saat dihubungi Espos via telepon, Rabu (27/8).

Dalam kesempatan itu, Sugiyanto mengatakan, bantuan studi itu diberikan kepada guru yang sedang menempuh studi lanjut S-1 atau D-4. Menurutnya, melalui bantuan itu, pihaknya berupaya meningkatkan mutu tenaga pendidik melalui program studi lanjut. Hal itu dimaksudkan untuk memenuhi tuntunan guru yang mensyaratkan kualifikasi S-1.

“Jumlah guru yang memperoleh bantuan studi dari pemerintah pusat pada tahun ini sebanyak 687 guru, dari pemerintah provinsi sebanyak 94 guru. Sementara yang memperoleh bantuan studi dari pemerintah kota sebanyak 155 guru,” tandas Sugiyanto.

Lebih lanjut, Sugiyanto menjelaskan, hingga kini pihaknya sudah membuatkan surat kuasa kepada 155 guru tersebut untuk mencairkan dana tersebut melalui Bank Pembangunan Daerah (BPD). Bagi guru yang masih mempunyai kualifikasi SMA diberi waktu maksimal selama tiga tahun untuk melanjutkan studi ke S-1 atau D-4 dan maksimal dua tahun bagi guru yang masih mempunyai kualifikasi D-3.

Menurut Sugiyanto, bantuan studi itu hanya diberikan selama guru yang bersangkutan mengikuti studi lanjut.

“Bantuan dana itu akan dihentikan dalam waktu yang sudah ditentukan, meskipun seorang guru belum selesai studinya,” paparnya.

Sugiyanto menambahkan, program peningkatan mutu tenaga pendidikan melaui studi lanjut itu dimaksudkan untuk menunjang program sertifikasi guru. Menurutnya, salah satu syarat dalam pengajuan sertifikasi guru adalah ijazah S-1.

m82

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS Account Executive, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….