Rabu, 26 Agustus 2009 17:31 WIB News Share :

SBY tak akan rampingkan struktur kabinet 2009-2014

Jakarta–Struktur kabinet SBY-Boediono tidak berbeda dibanding SBY-JK. Komposisi yang ada saat ini pun dinilai sudah cukup ideal dan karena itu kemungkinan besar tidak akan ada perampingan kabinet.

Demikian tutur Hatta Rajasa selaku Ketua Tim Kampanye Nasional SBY-Boediono tentang struktur kabinet 2009-2014. Ini disampakan di kantor Setneg, Jakarta.

“Struktur yang seperti ini dilihat cukup baik. Saya melihat komposisi yang seperti ini cukup-cukup ideal,” ujar Hatta, Rabu (26/8).

Dalam UU Kementrian Negara memang ada pasal yang memungkinkan presiden melakukan perubahan dalam struktur kabinet sepanjang jumlah pos kementrian yang ada tidak lebih dari 34 di luar Kapolri, Jaksa Agung dan yang lain setingkat menteri.

Meski perampingan kabinet bisa bertujuan penghematan, Hatta mengingatkan beban berat yang justru harus ditanggung pos lain. Yaitu kewajiban untuk menampung SDM asal departemen yang mendadak saja dihilangkan tersebut.

“Tidak baik kalau kita melakukan perubahan drastis, seperti dulu tiba-tiba ada departemen yang hilang. Tentu akan memakan waktu sangat panjang, kemana SDM-nya dan itu biasanya bebannya cukup berat,” jelasnya.

Lebih lanjut politisi senior PAN ini menyatakan, yang kini lebih mendesak adalah sinkronisasi antar departemen. Termasuk juga penajaman fungsi dari masing-masing departemen.

“Barang kali yang perlu adalah sinkronisasi dan beberapa penajaman dari masing-masing kementrian,” ujar Hatta.

dtc/fid

lowongan pekerjaan
PT. BPR Bina Langgeng Mulia, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….