News
Rabu, 26 Agustus 2009 - 11:29 WIB

PT KA beri Rp 500.000 bagi penangkap calo tiket

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–PT Kereta Api membuat sayembara bagi siapa saja yang berhasil menangkap calo tiket kereta api, maka akan mendapatkan hadiah Rp 500 ribu.

Executive Vice President PT KA Daops I Jakarta, Mulianta, di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (26/8), mengatakan, hadiah tersebut akan terakumulasi menjadi sepuluh kali lipat apabila calo yang berhasil ditangkap adalah pegawai PT Kereta Api (KA) Indonesia.

Advertisement

“Sayembara ini berguna menanggulangi para calo tiket. Ini adalah lapangan pekerjaan baru, yaitu menangkapi para calo. Mudah-mudahan sayembara ini dapat membuat calo jera,” kata Mulianta.

Mulianta mengungkapkan, upaya lain yang telah dilakukan PT KA adalah dengan memperketat prosedur pemesanan tiket.

Salah satunya, katanya, dengan membatasi kuota pemesanan tiket maksimal empat tiket per pemesan.

Advertisement

“Empat kursi yang dipesan itu pun tercetak dalam satu lembar tiket,” terangnya.

Petugas PT KA yang melayani pembelian tiket juga diisolir saat bertugas, sehingga tidak bisa berhubungan dengan orang luar saat jam dinas.
“Ponselnya selama bertugas kami sita sementara,” lanjutnya.

Sementara itu, Kahumas Daops I Jabotabek Sugeng Priyono mengatakan, untuk mencegah calo bergentayangan lebih banyak lagi, PT KA mengerahkan sekitar 100 personel pengamanan di dalam maupun luar Stasiun Gambir.

Advertisement

“Selain kita menerjunkan pengamanan sendiri, kita juga bekerjasama dengan pihak Polsek Gambir untuk membantu menangkap dan memenjarakan calo tiket yang banyak merugikan konsumen,” kata Sugeng Priyono.

Lebih lanjut Sugeng Priyono menuturkan, masyarakat diharapkan tidak khawatir bila kehabisan tiket KA untuk mudik ke kampung halaman, karena pihak PT KA sudah menyiapkan beberapa kereta tambahan.

“Tiket kereta api tambahan bisa dipesan tanggal 28 Agustus, Mudah-mudahan penumpang bisa terangkut semua,” katanya.

ant/fid

Advertisement
Kata Kunci : Calo PT KA Tiket Uang
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif