Soloraya
Rabu, 26 Agustus 2009 - 19:08 WIB

KA Feeder kembali anjlok, warga sempat panik

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Kereta Api (KA) Feeder jurusan Solo-Wonogiri kembali anjlok, Selasa (25/8). Informasi yang dihimpun Espos, di lokasi, Rabu (26/8), kejadian tersebut sempat membuat warga setempat panik.

Dari pantauan di lokasi, belasan pekerja dari PT KA melakukan penguatan rel. Mereka mengganti sejumlah bantalan rel yang lapuk, memasang mur pada titik-titik yang diketahui lenyap, dan menambahkan batu kerikil pada permukaan tanah di bawah rel untuk menguatkan rel. Keterangan para petugas menyebut, pekerjaan di wilayah tempat KA Feeder anjlok tersebut direncanakan mencapai panjang 500 meter.

Advertisement

Warga RT 4/RW III Semanggi, Jamilah mengatakan kejadian anjloknya kereta api Selasa (25/8) kemarin, terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Kejadian tersebut dikatakannya lebih parah, lantaran petugas membutuhkan waktu lebih lama untuk mengevakuasi kereta.

“Lebih parah kemarin daripada Minggu (23/8). Ada suara dan getaran, jadi beberapa warga panik dan berhamburan ke luar. Kejadian seperti ini baru kali ini terjadi, apalagi sampai terjadi dua kali hanya dalam waktu tiga hari,” ungkap Jamilah, saat ditemui di kediamannya, Rabu.

Senada disampaikan warga lain, Samsudin. Menurut Samsudin, kondisi rel mulai mengkhawatirkan dan perlu segera diperbaiki. Samsudin menyebut, pada kejadian kereta anjlok Selasa malam, kereta yang telah berjalan kembali anjlok setelah menempuh perjalanan 80 meter. Kondisi itu, menurutnya cukup menjadi bukti bahwa kondisi rel mengkhawatirkan.
“Untung jalannya lambat kalau cepat mungkin bisa mengenai rumah warga di tepi rel,” ujar dia.

Advertisement

Selain menyoal kondisi rel, warga juga menyinggung banyaknya mur rel yang lenyap. Menurut warga RT 4/RW IV Semanggi, Ngapiyo, sejumlah mur di sepanjang rel memang hilang. Namun, Ngapiyo mengaku tidak tahu kapan rel lenyap dan siapa oknum yang melakukan pencurian tersebut.

tsa

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Anjlok KA Feeder
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif