Rabu, 26 Agustus 2009 16:55 WIB Solo Share :

Harga gula pasir tingkat grosir tembus Rp 10.000/kg

Solo (Espos)–Harga gula pasir hingga Rabu (26/8), terus naik. Di tingkat pedagang grosir, harga gula pasir di sejumlah pasar tradisional di Kota Solo bahkan telah menembus angka Rp 10.000/kilogram (kg) dari harga jual eceran yang rata-rata Rp 9.500/kg. Kenaikan harga gula pasir yang terjadi pada Rabu kemarin diakui salah seorang pedagang barang-barang kebutuhan pokok di Pasar Legi Solo, Nur Gapil.
 
“Pada pekan pertama bulan Ramadan ini harga gula pasir memang sangat fluktuatif, namun cenderung naik terus. Sebelum puasa harga gula pasir di tingkat eceran sekitar Rp 7.000 per kilogram, tetapi hari ini berhasil menembus harga Rp 10.000 per kilogram,” ujar Nur Gapil ketika ditemui wartawan di Pasar Legi, Rabu.

Kenaikan harga gula pasir yang terjadi kemarin, diakui Nur Gapil yang menjual gula pasir secara grosir tersebut merupakan yang paling tinggi karena kenaikannya mencapai Rp 900/kg. Padahal, menurut dia, kenaikan harga yang terjadi sebelumnya hanya berkisar Rp 100/kg sampai Rp 500/kg setiap harinya.
“Kenaikan harga gula pasir pada Bulan Puasa baru terjadi kali ini, padahal tahun lalu harga gula pasir tidak naik. Malah cenderung stabil,” ungkap Nur Gapil.

Hal senada dikemukakan pedagang barang-barang kebutuhan pokok di Pasar Gede Solo, Marsudi. Marsudi menuturkan kenaikan harga gula pasir selama awal Bulan Ramadan tersebut termasuk kenaikan yang lumayan tinggi lantaran mencapai Rp 10.000/kg. Padahal sebelum memasuki Bulan Puasa, Marsudi mengatakan harga gula pasir sempat turun di kisaran harga Rp 6.500/kg. Namun setelah itu terjadi kenaikan harga lagi menjadi Rp 7.000/kg dan kemudian terus naik setiap hari.

“Kenaikan harganya memang tidak terjadi secara langsung atau melonjak drastic, melainkan tetap secara bertahap. Namun demikian, kenaikan yang paling cepat terjadi dua hari kemarin yang langsung mencapai Rp 10.000 per kilogram dari harga semula Rp 9.000 per kilogram,” kata Marsudi.

Marsudi memperkirakan ada kemungkinan harga gula pasir di pasaran tersebut akan terus naik hingga saat perayaan Lebaran mendatang.
Marsudi juga mengakui kenaikan harga gula pasir yang terjadi saat ini merupakan yang paling tinggi dibandingkan harga kebutuhan pokok lainnya. Malahan, harga minyak goreng cenderung turun dari harga semula sekitar Rp 9.500/kg menjadi Rp 9.000/kg.

sry

lowogan pekerjaan
Supervisor Produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….