Rabu, 26 Agustus 2009 16:27 WIB Ekonomi Share :

Balapan batasi pembelian satu tiket untuk dua penumpang

Solo (Espos)–Stasiun Solo Balapan selama masa Lebaran tahun 2009 ini membatasi pembelian tiket kereta api (KA) yang dibeli melalui sistem online, hanya dua penumpang untuk satu lembar tiket yang dipesan. Hal itu untuk mencegah penyalahgunaan tiket yang disinyalir mengarah ke praktik percaloan.

Hal tersebut dikemukakan Wakil Kepala Stasiun Solo Balapan, Suyatno ketika ditemui wartawan selepas inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan rombongan Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah di stasiun setempat, Rabu (26/8).

“Kalau pada hari-hari biasa, satu tiket kereta tersebut bisa digunakan hingga maksimal empat penumpang, untuk sementara saat menjelang Lebaran hingga Lebaran nanti kami batasi hanya untuk dua penumpang untuk satu lembar tiketnya,” tutur Suyatno.

Berbeda dengan tiket KA kelas eksekutif dan bisnis jurusan Solo-Jakarta untuk keberangkatan tanggal 23 September 2009 yang telah terjual habis, Suyatno mengatakan hingga Rabu kemarin tiket KA untuk keberangkatan tanggal 24 dan 25 September 2009, baru terjual sekitar 80%. Kursi penumpang untuk jadwal keberangkatan pada tanggal-tanggal tersebut, lanjutnya, diperkirakan masih tersisa sebanyak dua kereta.

“Untuk keberangkatan tanggal 24 dan 25 September hingga hari ini masih tersisa kursi penumpang sekitar dua kereta lagi,” jelasnya.

Suyatno memperkirakan lonjakan permintaan tiket dari penumpang akan mencapai puncaknya untuk KA yang diberangkatkan Sabtu (26/9) dan Minggu (27/9) karena sebagian besar masyarakat, khususnya orang-orang yang bekerja, sudah mulai bekerja kembali pada Senin (28/9) setelah masa cuti Lebaran.

“Anak-anak sekolah rata-rata juga sudah mulai masuk sekolah lagi pada Senin tersebut setelah libur Lebaran,” imbuh Suyatno.

Ditambahkan Suyatno, pihaknya juga membuka tiga loket tambahan untuk mempercepat pelayanan pemesanan dan pembelian tiket KA di Stasiun Solo Balapan, khususnya pada saat terjadi antrean panjang di dua loket utama dan satu loket tambahan yang selama ini dibuka.

sry

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…