Selasa, 25 Agustus 2009 20:12 WIB News Share :

27 Agustus, KA eksekutif tambahan mulai bisa dipesan

Jakarta–PT Kereta Api (KA) mengumumkan, KA Tambahan Lebaran Eksekutif mulai bisa dipesan sejak 27 Agustus 2009 untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pemudik menggunakan KA pada Angkutan Lebaran tahun ini.

“Mulai 27 Agustus KA Eksekutif ini sudah bisa dipesan secara on-line di 145 stasiun, 83 agen perjalanan dan 400-an kantor pos,” kata Direktur Komersial PT KA, Sulistyo Wimbo Hardjito, kepada pers di Jakarta, Selasa (25/8).

KA Tambahan Eksekutif itu antara lain KA Kamandanu Lebaran, Gambir-Semarang Tawang yang akan jalan pada 17-20 September 2009, KA Argo Lawu Lebaran I, Gambir-Solobalapan 16-20 September 2009, KA Argo Lawu Lebaran II Gambir-Solobalapan dan KA Gajayana Lebaran Gambir-Malang 11-20 September 2009.

Wimbo mengakui, total KA Tambahan Lebaran sebenarnya mencapai 15 kereta, tetapi yang baru diumumkan adalah empat KA eksekutif itu.

“KA yang lain menyusul, setelah KA reguler habis terjual tempat duduknya,” katanya.

Dia juga mengatakan, pemesanan tiket KA bisa dilakukan via call center di 01-6916060 dan 121 untuk panggilan dari telepon rumah.

“Pelanggan lewat call center, selanjutnya dapat kode booking dan dapat membayarnya melalui ATM Bank Mandiri, BII dan BRI. Pembayaran maksimal tiga jam sejak pemesanan. Bukti pembayaran langsung bisa ditukarkan di tempat pemesanan tiket online baik di stasiun, agen maupun kantor pos,” katanya.

Wimbo mengakui, pada pemesanan hari-hari ideal untuk mudik seperti tanggal 17,18 dan 19 September 2009 secara on-line beberapa waktu lalu, sangat cepat.

“Dengan cakupan agen dan stasiun serta kantor pos yang on-line sebesar itu, maka pada KA favorit, maksimum lima menit sudah habis,” katanya.

Namun, untuk semua KA Eksekutif reguler, PT KA masih menyediakan satu kereta atau sekitar 10 persen dari total per KA, untuk mereka yang memesan tiket pada hari H keberangkatan.

“Dua jam sebelum keberangkatan, tiketnya dijual di stasiun keberangkatan secara off-line,” katanya.

Masa Angkutan Lebaran tahun ini untuk kereta api berlangsung selama 22 hari mulai 11 September sampai dengan dua Oktober 2009 dengan jumlah penumpang diperkirakan mencapai 3.256.036 orang.

“Jumlah itu, meningkat sekitar lima persen dibanding tahun lalu,” katanya.

Kapasitas tempat duduk untuk KA kelas eksekutif/bisnis dari Jakarta ke berbagai kota di Jawa Tengah dan Timur sebesar 18.182 tempat duduk per hari dan kelas ekonomi sebesar 16.760 tempat duduk per hari.

ant/fid

lowongan pekerjaan
EDITOR MATEMATIKA (Fulltime), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….