Soloraya
Senin, 24 Agustus 2009 - 19:05 WIB

Tujuh waduk di Sragen mulai mengering

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sragen (Espos)–Sebanyak tujuh waduk di Sragen dipastikan mulai mengering sejak awal Agustus lalu. Hal tersebut mengindikasikan ancaman krisis air mulai melanda daerah Sragen seiring berlangsungnya musim kemarau belum lama ini.

Menurut Kabid Pengairan, Pertambangan, dan Energi, Sukatno mewakili Kepala DPU Sragen, Baidi dari tujuh waduk yang ada, enam di antaranya sudah mulai mengering. Masing-masing waduk yang mengering tersebut, yakni Waduk Botok (Kedawung), Waduk Gebyar (Sambirejo), Waduk Kembangan (Kedawung), Waduk Brambang (Kedawung), dan Waduk Blimbing (Sambirejo). Sedangkan, waduk yang masih ada airnya adalah Waduk Ketro (Tanon). Sekalipun masih terdapat air, namun debit air dianggap sudah mulai berkurang sebanyak 30 %.

Advertisement

“Hampir semua waduk di Sragen memang mulai mengering. Saya pikir itu hal yang wajar, karena waduk di Sragen tidak ada sumber air tetap. Sehingga, kalau musim kemarau datang, seluruh waduk bisa saja mengering dalam waktu tidak terlalu lama,” terang dia saat ditemui wartawan di kantor DPU Sragen, Senin (24/8).

Lebih lanjut dia mengatakan, keringnya sejumlah waduk di Bumi Sukowati kiranya tidak terlalu berpengaruh terhadap bidang pertanian. Pasalnya, pasokan irigasi pertanian masih dapat mengandalkan beberapa embung dan sumur pantek. Sejauh ini terdapat 38 embung dan ribuan sumur pantek yang tersebar di Sragen dan dapat diandalkan sebagai sumber irigasi pertanian. Selain itu masih terdapat 146 sumur pompa.

Menurut Sukatno, munculnya fenomena alam seperti ini mestinya mendapatkan perhatian serius dari para petani. Sudah sejak lama, pihaknya bersama-sama Dinas Pertanian melakukan sosialisasi untuk menerapkan pola pertanian berupa padi-padi-palawija setiap tahunnya.

Advertisement

pso

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Mengering Sragen Waduk
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif