News
Senin, 24 Agustus 2009 - 13:18 WIB

TKW asal Cilacap meninggal di Arab

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Cilacap–Seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Desa Mulyadadi, Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap, Siti Nadiroh (19), meninggal dunia di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Dalam dan Luar Negeri Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Disnakertrans) Cilacap, Sutiknyo mengatakan, TKW tersebut diberangkatkan oleh PT Almanar Tiara Abadi (ATA) di Jakarta.

Advertisement

Dia mengakui, perusahaan penempatan tenaga kerja Indonesia swasta (PPTKIS) tersebut tidak memiliki perwakilan di Cilacap sehingga Disnakertrans kesulitan untuk membantu pemulangan jenazah.

Kendati demikian, kata dia, Disnakertrans tetap berupaya membantu pemulangan jenazah Siti Nadiroh ke kampung halamannya.

Advertisement

Kendati demikian, kata dia, Disnakertrans tetap berupaya membantu pemulangan jenazah Siti Nadiroh ke kampung halamannya.

“Kami mencoba menghubungi PT ATA. PPTKIS tersebut menyatakan siap membantu pemulangan jenazah,” katanya, Senin (24/8).

Akan tetapi, kata dia, Disnakertrans Cilacap belum mengetahui secara pasti penyebab kematian Siti Nadiroh.

Advertisement

Kedatangan jenazah Siti Nadiroh ini disambut histeris ibunda korban, Jamaliah.

Dari informasi yang dihimpun, kabar kematian Siti Nadiroh telah diterima keluarganya sejak sebulan lalu, tetapi mereka kesulitan mengurus kepulangan anak pasangan Satiman dan Jamaliah ini.

Hal itu disebabkan perusahaan yang memberangkatan Nadiroh pada 2007 lalu, tidak memiliki kantor perwakilan di Cilacap sehingga orang tua Nadiroh mengurusnya ke Jakarta.

Advertisement

Meski demikian, saat kedatangan jenazah, keluarga belum mengenai secara pasti penyebab kematian Nadiroh karena mereka hanya menerima foto kopi visum berbahasa Arab.

Sementara itu, hak-hak Nadiroh seperti gaji selama enam bulan dan asuransi belum diserahkan kepada keluarga. Perusahaan hanya menyerahkan uang duka sebesar Rp 6 juta.

Jenazah Siti Nadiroh dimakamkan di pemakaman umum desa setempat, Senin (24/8), pukul 11:00 WIB.

ant/fid

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Cilacap Meninggal
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif