Senin, 24 Agustus 2009 13:31 WIB News Share :

Tim laporkan pemeriksaan Antasari ke pimpinan KPK

Jakarta–Tim Pengawasan Internal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaporkan hasil pemeriksaan terhadap Ketua KPK nonaktif Antasari Azhar kepada pimpinan KPK yang masih aktif.

“Hari ini hasil klarifikasi terhadap Antasari Azhar dirapatkan dengan pimpinan,” kata Juru Bicara KPK, Johan Budi di Jakarta, Senin (24/8).

Menurut Johan, rapat itu akan memutuskan perlu dibentuk komite etik atau tidak. Komite etik adalah lembaga yang berhak menentukan bentuk pelanggaran kode etik dan hukuman yang dibebankan kepada Antasari.

Komite etik terdiri dari dua pimpinan KPK, dua penasihat KPK, dan tim independen di luar KPK.

“Mereka yang berhak menentukan ada tidaknya pelanggaran kode etik,” kata Johan.

Sebelumnya, Tim Pengawas Internal KPK telah beberapa kali memeriksa Antasari di Polda Metro Jaya. Antasari kini berstatus tahanan Polda Metro Jaya dalam kasus dugaan pembunuhan Direktur PT Putra Rajawali Banjaran, Nasrudin Zulkarnaen.

Wakil Ketua KPK, M. Jasin, pernah menyatakan, Tim Pengawasan Internal KPK sudah mengumpulkan data terkait dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Antasari Azhar, termasuk tentang pertemuan antara Antasari dan pengusaha Anggoro Widjojo yang berstatus tersangka.

“Sudah ada data-datanya tapi belum bisa dipublish,” kata Jasin.

Menindaklanjuti hal itu, Deputi Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat KPK, Handoyo Sudrajad dan Direktur Pengawasan Internal KPK, Chesna F. Anwar mendatangi Polda Metro untuk berkoordinasi tentang pemeriksaan Antasari.

Hingga kini, belum ada keterangan resmi tentang substansi pemeriksaan terhadap Antasari.

ant/fid

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…