Senin, 24 Agustus 2009 17:11 WIB News Share :

Konstruksi asal-asalan, Gedung aula SMPN 1 Pulokulon roboh

Grobogan (Espos)–Diduga karena konstruksi yang asal-asalan salah satu bangunan di SMP Negeri I Pulokulon, Kecamatan Pulokulon roboh rata dengan tanah.

Atap dan dinding gedung berukuran 28×9 meter yang digunakan untuk ruang pertemuan tersebut roboh.
Kejadian ini mengejutkan warga, guru serta murid SMPN 1 Pulokulon, Senin (24/8), mengingat bangunan yang berada di bagian timur sekolahan baru dibangun secara swakelola sekitar tiga tahun lalu dengan dana bantuan dari pusat.

“Memang baru sekitar tiga tahunan, karena dibangun tahun 2006 dengan dana imbal swadaya dari pusat senilai Rp 220 juta. Untungnya saat kejadian gedung tidak sedang digunakan,” terang Kepala SMP Negeri 1 Pulokulon, Drs H Marbun MPd didampingi Kepala TU Eko Darsono, Senin (24/8).

Menurut Eko, sebenarnya gedung tersebut rencananya dalam waktu dekat akan direhab. Mengingat kondisinya sudah cukup parah, selain dindingnya retak di sejumlah tempat, tembok sebelah timur juga miring.

Kerusakan gedung yang terletak di sebelah timur ruang kelas IX F, G dan H tersebut diduga karena konstruksinya salah. Mengingat gedung dengan kerangka atap dari besi, tidak ada ring balok cor yang mengikat tembok sebelah timur dan barat.

“Kemiringan tembok mulai terlihat sejak satu tahun lalu (2008), namun belum sempat direhab ternyata gedung itu roboh, Minggu (23/8), sekitar pukul 09.30 WIB,” ujar Eko.

Kasi Sarana Prasarana Bidang SMP dan SMA/SMK Dinas Pendidikan Grobogan Setya Ari yang datang ke lokasi mengatakan, robohnya gedung tersebut akibat kesalahan sekolah.

rif

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…