Minggu, 23 Agustus 2009 16:30 WIB Ekonomi Share :

Garuda tambah 42.000 kursi hadapi mudik Lebaran

Jakarta–Bagi anda yang mau terbang mudik bersama Garuda tidak perlu khawatir kehabisan kursi, PT Garuda Indonesia  telah menyiapkan tambahan kursi lebih dari 42.000 tempat duduk untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat mudik lebaran nanti.

“GA menyiapkan tambahan kapasitas lebih dari 42.000 tempat duduk, mulai H-5 dan H+6 lebaran,” ujar Vice President Coorporate Secretary Garuda, Pujobroto Minggu (23/8).

Menurutnya, penambahan kursi tersebut terbagi dalam 17 rute penerbangan yang terdiri dari 10 rute domestik, dan 7 rute internasional.

“Penambahan kapasitas ini kita lakukan dengan dua cara, yaitu dengan meningkatkan frekuensi penerbangan dan dengan mengoperasikan pesawat yang lebih besar pada rute-rute tertentu,” jelasnya.

Tambahan kursi tersebut yaitu rute penerbangan Jakarta -Denpasar 16.448 kursi, Jakarta-Padang 1.872 kursi, Jakarta-Jogja 2.568 kursi, Surabaya-Denpasar 8.598 kursi, Jakarta-Singapura 8.510 kursi, Jakarta-Makasar 1.584 kursi, Jakarta-Semarang 336 kursi, Jakarta-Solo 644 kursi, Denpasar-Jogja 220 kursi, Denpasar-Surabaya 88 kursi, Jakarta-Medan 176 kursi, Jakarta-Pontianak 112 kursi, Jakarta-Bangkok 380 kursi, Jakarta-Hongkong 3.360 kursi, Surabaya-Hongkong 264 kursi, Jakarta-Canton 548 kursi, Jakarta-Kuala Lumpur 1.020 kursi, Denpasar-Singapura 132 kursi.

Sementara untuk tambahan ke kota-kota seperti Bangkok, Kuala Lumpur, Singapura, Hongkong, dan Canton adalah untuk mengakomodasi para penumpang yang tidak merayakan Lebaran, namun memanfaatkan libur panjang  dengan liburan ke kota-kota di luar negeri atau regional.

“Dibandingkan dengan kondisi normal, secara umum akan terjadi peningkatan penumpang hingga 15-20 persen,” ungkap Pujo.

Pada kesempatan yang sama, Pujo menegaskan, untuk harga tiket tidak mengalami peningkatan. Namun Pujo menyarankan, kepada para calon penumpang untuk melakukan pembukuan atau membeli tiket jauh-jauh hari sehingga masih memungkinkan untuk mendapatkan harga tiket yang lebih kompetitif.

“Sebab permintaan akan banyak sekali, apalagi pada satu atau dua hari menjelang hari H merupakan super peak,” jelasnya.

Sementara untuk memberikan kenyamanan para penumpang, dan untuk menghindari antrean yang panjang di konter check-in di bandara, Pujo berharap para penumpang dapat memanfaatkan fasilitas city check-in yang terdapat di kantor-kantor penjualan GA di tengah kota  atau fasilitas “kiosk” yang saat ini sudah disiapkan di bandara Soekarno-Hatta.
dtc/tya

lowongan pekerjaan
Harian Umum SOLOPOS Account Executive, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….