Sabtu, 22 Agustus 2009 20:30 WIB News Share :

Koalisi PD-PDIP sarat kepentingan internal

Yogyakarta–Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) AAGN Ary Dwipayana menilai rencana koalisi di tingkat parlemen antara Partai Demokrat dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sarat dengan kepentingan internal partai masing-masing.

“Rencana koalisi Partai Demokrat dan PDIP sarat dengan kepentingan internal para elite parpol, dan ada beberapa keinginan mereka agar tetap eksis dalam peta politik nasional,” katanya di Yogyakarta, Sabtu (22/8).

Menurut dia, dari sisi kepentingan Partai Demokrat dapat dirasakan ada kebutuhan untuk membangun dukungan dan kekuatan politik di parlemen.

“Sebab, untuk lima tahun ke depan presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membutuhkan dukungan dalam menjalankan kebijakannya,” katanya.

Ia mengatakan dengan koalisi ini dukungan untuk berbagai kebijakan pemerintah dan parlemen akan semakin kuat, sehingga SBY akan lebih mudah menjalankan pemerintahannya.

Selain itu, menurut Ary, rencana koalisi tersebut juga sebagai upaya membangun citra SBY yakni mampu merangkul kekuatan dari kalangan nasionalis.

“Ada kebutuhan dari Partai Demokrat untuk menciptakan kesan atau membangun citra SBY bisa mengadopsi partai nasionalis, karena selama ini mayoritas partai yang berkoalisi dengan Demokrat lebih banyak berbasis agama seperti PKS, PKB, PAN maupun PPP,” katanya.

Sehingga, kata dia, dengan koalisi bersama PDIP akan muncul kesan bahwa SBY juga mengakomodasi kaum nasionalis.

Sedangkan dari sisi kepentingan PDIP, menurut Ary koalisi tersebut lebih cenderung untuk menghindari ‘dehidrasi’ yang terjadi di tubuh partai berlambang banteng gemuk dalam lingkaran ini.

ant/fid

lowongan pekerjaan
PT ANDALAN FINANCE INDONESIA (Nasmoco Group), informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….