News
Sabtu, 22 Agustus 2009 - 20:30 WIB

Koalisi PD-PDIP sarat kepentingan internal

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Yogyakarta–Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) AAGN Ary Dwipayana menilai rencana koalisi di tingkat parlemen antara Partai Demokrat dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sarat dengan kepentingan internal partai masing-masing.

“Rencana koalisi Partai Demokrat dan PDIP sarat dengan kepentingan internal para elite parpol, dan ada beberapa keinginan mereka agar tetap eksis dalam peta politik nasional,” katanya di Yogyakarta, Sabtu (22/8).

Advertisement

Menurut dia, dari sisi kepentingan Partai Demokrat dapat dirasakan ada kebutuhan untuk membangun dukungan dan kekuatan politik di parlemen.

“Sebab, untuk lima tahun ke depan presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membutuhkan dukungan dalam menjalankan kebijakannya,” katanya.

Ia mengatakan dengan koalisi ini dukungan untuk berbagai kebijakan pemerintah dan parlemen akan semakin kuat, sehingga SBY akan lebih mudah menjalankan pemerintahannya.

Advertisement

Selain itu, menurut Ary, rencana koalisi tersebut juga sebagai upaya membangun citra SBY yakni mampu merangkul kekuatan dari kalangan nasionalis.

“Ada kebutuhan dari Partai Demokrat untuk menciptakan kesan atau membangun citra SBY bisa mengadopsi partai nasionalis, karena selama ini mayoritas partai yang berkoalisi dengan Demokrat lebih banyak berbasis agama seperti PKS, PKB, PAN maupun PPP,” katanya.

Sehingga, kata dia, dengan koalisi bersama PDIP akan muncul kesan bahwa SBY juga mengakomodasi kaum nasionalis.

Advertisement

Sedangkan dari sisi kepentingan PDIP, menurut Ary koalisi tersebut lebih cenderung untuk menghindari ‘dehidrasi’ yang terjadi di tubuh partai berlambang banteng gemuk dalam lingkaran ini.

ant/fid

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif