Sabtu, 22 Agustus 2009 14:18 WIB News Share :

Gempa 4,4 SR guncang Yogya

Yogyakarta–Gempa berkekuatan 4,4 skala Richter (SR), Sabtu (22/8) siang sekitar pukul 11:35 WIB melanda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya.

“Gempa terjadi di Dusun Temu Ireng, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul atau sekitar 13 kilometer tenggara Kabupaten Bantul,” kata Kepala Seksi Observasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Bambang Subadio, Sabtu.

Menurut dia, titik gempa berada pada 8,01 lintang selatan (LS) dan 110.37 bujur timur (BT), di daratan dengan kedalaman 10 kilometer.

“Gempa ini tidak ada kaitannya dengan gempa 4,2 SR yang terjadi Rabu (19/8) lalu, dan gempa ini akibat pergeseran patahan lapisan bumi,” katanya.

Ia mengatakan gempa ini tidak berpotensi menimbulkan kerusakan besar maupun tsunami.

“Gempa bumi merupakan fenomena alam yang tidak dapat diprediksi, ini merupakan akibat dari penumpukan energi yang tidak mampu ditahan oleh bumi sehingga kemudian dilepaskan,” katanya.

Pada 19 Agustus 2009 sekitar pukul 09:05 WIB, DIY digetarkan oleh gempa bumi berkekuatan 4,2 skala richter (SR), yang menimbulkan kepanikan masyarakat.

Menurut Bambang Subadio gempa bumi tersebut terjadi di 28 kilometer (km) tenggara Yogyakarta atau daerah Wonosari, Kabupaten Gunungkidul.

“Posisi gempa berada pada 8,4 lintang selatan (lS), 110,45 bujur timur dengan kedalaman 10 km dari permukaan bumi,” katanya.

Menurut dia, gempa bumi tersebut tidak ada kaitannya dengan gempa di Sumatra dan Maluku. “Memang beberapa waktu terakhir ini sering terjadi gempa di seluruh Indonesia,” katanya.

Bambang mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir secara berlebihan karena gempa ini merupakan gejala alam biasa.

“Meski demikian masyarakat harus tetap waspada, namun tidak perlu panik dan dihubung-hubungkan dengan gempa sebelumnya yang melanda Yogyakarta,” katanya.

ant/fid

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…