Sabtu, 22 Agustus 2009 15:52 WIB News Share :

Depag
Jamaah Tabligh agar laporkan keberadaan ke polisi

Jakarta–Departemen Agama menganjurkan Jamaah Tabligh melaporkan keberadaanya ke kepolisian agar tidak ditolak warga.

“Sebaiknya mereka lapor ke Rukun Tetangga/Rukun Warga, kalau perlu ke kepolisian. Kalau langsung ke Masjid bisa dicurigai,” ujar Direktur Jenderal Bina Massyarakat Departemen Agama Nasarudin Umar ketika dihubungi Sabtu (22/8)

Anjuran ini terkait penolakan keberadaan jamaah tabligh di beberapa daerah seperti penangkapan 17 anggota Jamaah Tablig asal Filipina di Purbalingga dan Solo serta penangkapan 12 anggota Jamaah Tabligh asal Kalimantan di Purbalingga pekan lalu. Penangkapan oleh kepolisian tersebut terkait isu terorisme.

Nasarudin berharap aparat tidak semena-semena terhadap jamaah yang memang berdakwah dari masjid ke masjid ini.

“Jangan overacting dan dikasari, mereka orang yang sedang mencari pahala,” imbuhnya. Cara berdakwah jamaah tersebut, katanya, mengikuti para wali terdahulu.

Tapi, Nasarudin mengingatkan, para anggota jamaah juga menyesuaikan diri dengan kebiasaan masyarakat setempat. Diakuinya dari cara mereka berpakaian dan tempat yang dipilih untuk tinggal mencirikan suatu yang ekslusif.

“Sebaiknya mereka berlaku seperti masyarakat setempat, jangan sampai membuat orang ketakutan,” sarannya.

Selain cara pendekatan dan penampilan mereka yang terlihat eksklusif, Nasarudin menjamin, ajaran mereka tidak sesat.

“Sejauh tidak ditumpangi aliran sesat, ajarannya tidak masalah karena berangkat dari gerakan tasawuf,” jelasnya. “Mereka tidak menyebarkan kekerasan,”

Gerakan ini, kata Nasaruddin, akan marak menjelang ramadhan hingga lebaran. Maka ia berharap masyarakat dan aparat dan menyikapinya dengan lebih bijak.

tempointeraktif/fid

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…