Jumat, 21 Agustus 2009 15:30 WIB Internasional Share :

Media
Oposisi Jepang menuju kemenangan menentukan

Tokyo–Pihak oposisi Jepang dari Partai Demokrat berpeluang memenangkan pemilu 30 Agustus dengan perolehan suara besar menggantikan kekuasaan partai konservatif pendukung Perdana Menteri Taro Aso, tulis dua harian Jepang.

Partai konservatif yang ditempati Partai Demokrasi Liberal (LDP) telah memimpin pemerintahan Jepang selama hampir 54 tahun.

Partai Demokrat seharusnya dapat memperoleh lebih dari 300 kursi untuk 480 kursi yang diperebutkan dalam majelis rendah, meski hasil tersebut masih bisa berubah karena sekitar 20 persen pemilih masih belum menentukan pilihannya, kata harian Nikkei dan Yomiuri berdasarkan survei yang dilakukan melalui telepon.

Partai Demokrat Liberal (LDP) yang mendukung Aso sedang berjuang dengan semakin frustasinya para pemilih terhadap skandal-skandal dan ketidakpastian jangka panjang di bidang perekonomian dan keamanan sosial, kemungkinan besar mendapati kekuatannya terpecah hingga berkurang menjadi 150 kursi, kata Nikkei.

Kemenangan solid pihak oposisi dari Partai Demokrat akan mengakhiri kebijakan yang selama ini diterapkan dalam parlemen, dimana sebelumnya partai tersebut serta sekutunya memiliki sedikit kuasa atas majelis.

Partai Demokrat telah berjanji meningkatkan perekonomian dengan menambah anggaran bagi para konsumen di Jepang dengan menghentikan penambahan pajak penjualan sebesar 5 persen selama empat tahun dan menerapkan pendirian diplomatik mengurangi dukungan pada sekutu pemimpin keamanan dunia Amerika Serikat.
Ant/tya

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….